Potensi Indonesia dalam Social Media dan Dunia Maya

ImageHal yang menarik pas baca berita dari The Economist Newspaper, emang sih ga bisa dipungkiri urusan saocial media, Indonesia termasuk jawara dunia, betulkah?? Menurut penelitian beberapa perusahaan web Indonesia saat ini terbesar kedua di dunia untuk Facebook dan terbesar ketiga untuk Twitter..Woooww eksis bener ya negaraku *mesem2*. Tapi statistik yang paling menarik buat mereka adalah dengan jumlah penduduk yang mencapai 230 juta jiwa, masyarakat yang sudah eksis & gaol terhubung ke internet baru mencapai 20% itu berarti potensi di Indonesia masih buesaaaarr..buanget
 
Daaannn..perusahaan2 asing memang sudah banyak melihat potensi di Indonesia yang belum banyak dimanfaatkan, bayangin aja Facebook tanpa harus memiliki kantor di Indonesia namun telah berkembang pesat dinegara kita tercintah inih..tentunya dengan 30 juta pengguna, ditambah lagi menurut salah satu pejabat Yahoo yang saya lupa namanya mengatakan budaya masyarakat Indonesia sangat mudah untuk mencoba bersosialisasi secara online.
Akan tetapi sodara-sodara..percayakah Anda bahwa dengan tingkat eksistensi yang tinggi, kegemaran menggunakan social media yang juga tinggi dan juga jumlah pengguna social media yang besar ternyata belum mampu memberikan pemasukan yang besar untuk perusahaan2 tersebut  bisa dibilang volume dan kesediaan pelanggan untuk bertransaksi atau membeli produk yang ditawarkan secara online masih rendah. Padahal…jumlah ponsel yang membanjiri Indonesia sangat banyak bahkan Indonesia menjadi market kesayangan dari Research In Motion (RIM) pembuat BlackBerry, sekaligus kebiasaan masyarakat Indonesia lebih menyukai terhubung secara online melalui perangkat mobile bukan dengan komputer.
 
Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk Facebook dan Google untuk mampu mencetak uang di Indonesia, karena di Amerika Utara dan juga Eropa, 2 perusahaan ini sukses mendapat penghasilan dari iklan online dan berbagai penawaran transaksi online yang mereka tawarkan. Namun demikian Steven Goh yang merupakan pendiri dari Mig33 optimis bahwa Indonesia adalah negara dengan pasar terbesar dalam dunia online, bisa dibilang tinggal menunggu waktu dan terus menawarkan hal2 yang menarik. Indonesia itu seperti raksasa besar yang belum sadar akan potensinya yang luar biasa..
 
Hebat bener negaraku ini ^0^..
 
——————————————————————————————————————-
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s