Evan Brimob, si “tengil” yg bikin malu Polri

evan tengil 1Lagi2 Polri ramai dibicarakan, setelah kasus “Cicak vs Buaya” yang sampai saat ini masih mencuat karena ucapan Kabareskrim Susno Duaji, kini Polri harus menerima lagi salah satu kelakuan anggotanya yg menghina masyarakat.

Sepertinya sudah hampir semua masyarakat Indonesia baru2 ini sudah mengetahui berita tentang Evan, seorang anggota Brimob yg menghina masyarakat melalui status FB nya, pada status FB nya si Evan menuliskan kata2 “Polri tak butuh masyarakat, tapi masyarakat yang butuh polri. maju terus kepolisian indonesia, telan hidup-hidup cicak kecil”.

Di tengah situasi yg memanas antara Polri dan KPK , dan kondisi masyarakat yg sedang khawatir dengan kinerja Polri..munculah Evan yang mengerdilkan peran masyarakat, padahal jelas masyarakat punya peran besar terhadap keberadaan Polri, Polri ada untuk melayani masyarakat, keberadaan Polri bukan untuk menghina masyarakat. Apalagi Evan juga menuliskan kata2 “telan hidup-hidup cicak kecil” dimana seolah mengarah kepada KPK secara tidak langsung *nah lho…makin rumit kan masalah gara2 si Evan katro*

Rekan2 pernah denger kan pribahasa “mulutmu adalah harimau mu”, yups..sepertinya kasus Evan ini menjadi salah satu bukti kuat pribahasa itu masih berlaku. Bagaimana tidak, saya sendiri tidak menyangka kalau Polri bisa menerima orang dengan pola pikir dan ucapan seperti Evan. Apalagi ucapan seperti itu dilontarkan lewat media jejaring sosial seperti FaceBook yang jelas2 masyarakat Indonesia sedang getol2 nya mengakses situs tersebut, well… semakin mudahlah kita melihat kebobrokan salah satu personil Polri.

evan tengil 2Berita terbaru yang saya baca memang menyebutkan bahwa Evan lewat status FB nya mengaku minta maaf dan meralat ucapannya menjadi Saya mengaku salah dan minta maaf dan ralat pernyataan saya menjadi: Polri butuh masyarakat… masyarakat butuh Polri…. maju terus kepolisian Indonesia, bangkit Indonesiaku, lawan para koruptor dan perusak negeri ini” .

Satu hal yg dilupakan oleh Evan adalah bahwa apa yang dia tulis di status FB nya adalah salah satu bentuk komunikasi, terserah mau secara online ataupun langsung ke masyarakat. Dan kalau Evan cukup pinter..*kyaknya gak deh, hampir se Indonesia udah tau bodohnya Evan Brimob*, mestinya Evan tau bahwa dalam berkomunikasi ada yang namanya komunikasi irreversible

Yang artinya, sekali kita menyampaikan pesan pada orang maka efek dari pesan itu nggak bakal hilang sama sekali, artinya kita tidak bisa mengendalikan pengaruh dari pesan yang sudah kita sampaikan, apalagi menghilangkan efek dari pesan tersebut. Karena itulah salah satu prinsip komunikasi sebenarnya mengajarkan kita untuk berhati-hati dalam menyampaikan pesan kepada orang lain.

So…walaupun Evan telah meralat status FB nya, sepertinya masyarkat Indonesia tidak semudah itu akan melupakan kasus Evan Brimob *Evan katro..kampungan…terserahlah apa aja, gw kesel banget liat tampangnya* ya mau gak mau hujatan, caci maki, bahkan dikucilkan bisa jadi hal2 yang bakalan di terima anggota Polri satu ini.

Kasihan?? ya..kalau ngebayangin semua caci maki plus bakalan hilangnya harga diri sih kasihan juga, tapi mau gimana lagi, toh sebelumnya para penghuni FB yang lain pun sudah mencoba mengingatkan dia, tapi sepertinya sikap Evan yg malah menantang balik justru menjadi bumerang buat dia sendiri *untuk Evan…selamat yeee..*

Jadi inget, kemarin ada berita yang menyatakan bahwa Kapolri Bambang Hendarso Danuri meminta masyarakat untuk melupakan istilah “Cicak vs Buaya” yang dianggap meresahkan dan malah menjatuhkan Polri yang seolah-olah mencoba mengkriminalisasi KPK, tapi sekarang kelakuan salah satu anggota Polri malah secara jelas mencoba merendahkan masyarakat.

Memang saya juga yakin tidak semua anggota Polri itu bodoh seperti Evan..tapi lihat, kalau tidak ada tindakan tegas maka jelas seluruh kesatuan Polri bisa mendapat caci maki. Kasihan kan  anggota Polri lain yang benar2 mengabdi untuk masyarakat, reputasinya hancur gara2 masalah ini.

Semoga ini juga bisa menjadi pelajaran, bahwa masyarakat Indonesia sekarang ini lebih kritis, dan punya kekuatan besar. Seperti yang pernah dikatakan oleh Ketua MK Mahfud MD bahwa tidak ada yg pernah berhasil mengalahkan kekuatan rakyat, siapa saja yang melawan malah akan tergilas…

——————————————————————————————

Pelajaran moral hari ini, mulai sekarang gw harus hati2 bikin status di FB, jgn ampe ngalamin nasib kyak si Evan…

Advertisements

11 comments on “Evan Brimob, si “tengil” yg bikin malu Polri

  1. setuju saya mas, kelakuan evan malah bikin jelek citra polisi. Aku punya keluarga yg anggota polisi dia bilang gara2 kasus cicak vs buaya aja dah bikin mereka jadi hilang kpercayaan buat bertugas, eh sekarang tambah lagi gara2 kasus ini.dipecat aja evan itu, gak guna!!

  2. apa-apaan ini? seorang brimob saja berani mengeluarkan pernyataan tertulis seperti ini? sungguh suatu tindakan yg merugikan citra penegak hukum.jikalau atasan yg bersangkutan tidak bertindak, maka bahayalah negara ini. karena efeknya teman nya ikutan seperti ini.mula-mula arogan, terakhir menindas rakyat.

  3. @Reagan Ng..mudah2an cuma Evan “tengil” Brimob itu aja, yg punya klakuan sperti itu, yg lainnya jgn. Saya juga setuju sbaiknya ada tndakan tegas, spaya ada efek jera & gak terulang…thanks dh brknjung ke blog saya…

  4. @haruni…sayangnya saya bkan Kapolri sih…tp kita liat aja gmana prkmbangannya, emang sh salah satu yg harus dijaga oleh institusi itu ya nama baik, klau nama baik sdah trcmar maka image nya di mata msyrakat jd jelek & akan prbngaruh pd kinerja institusi trsebut. Mudah2an ga ada lg kasus sperti ini Thanks dah brknjung ke blog saya…

  5. Udah…biarin tuh anak bgaya di FB, mklum anak kampung..baru knal FB kali, pangkat msh rendah aja udh belagu, orang yg kyak gini nih yg gw yakin hidupnya pasti susah. liat aja tmpangnya.. bawaannya pngen nampol

  6. yang kayak gene seh cocok nya jadi tukang bersihin mobil polisi, bukan jadi BRIMOB…
    pati tadi nya di orang kampung yang sekolah kepolisiannya pake duit pinjem2.
    wong orang tua nya ajah gak bisa nge didik anak nya sendiri…
    mentor nya di sekolah kepolisian juga kayaknya sama bego nya dech…. bisa ngelulusin polisi kayak gini.. kayaknya ujung2nya nyogok juga nih buat lulus nya.
    KORUPSI lageeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s