Yang jujur….yang disayang pelanggan!!!

to be honestWah sepertinya beberapa hari ini saya benar2 dapet pengalaman banyak tentang dunia perbelanjaan terutama dari ibunda tercinta….

Seperti yang terjadi hari minggu kemarin, seperti biasa…saya mendapat perintah langsung dari kanjeng ratu (nyokap maksudnya….) untuk berbelanja membeli seperangkat alat sholat..eh maksudnya beli beberapa kebutuhan rumah tangga. Alasannya sepele..nyokap lagi males belanja, lagipula buat apa saya jadi anak kalau bantu ortu aja gak bisa…*mendadak soleh mode:on*

“Kamu kan mau jalan keluar…ya ga ada salahnya dong Mama nitip belanjaan, lagian gak banyak kok…” ujar my lovely mom sambil ngasih kertas yang isinya daftar barang2 yg harus dibeli.

Belanja sih gak masalah, toh udah banyak tempat2 belanja yg menawarkan konsep one stop shopping di tiap kota, jadi dengan belanja di satu tempat semua barang yang kita cari ada di sana..dan pilihan saya jatuh ke Giant…tepatkah???

Hmmm…memang harus saya akui dari segi kelengkapan produk yang dijual memang cukup banyak, tapi dari segi harga…ternyata nanti dulu….coba tanya dengan ibu2 yang sering berbelanja pasti lebih tahu mana yang menawarkan harga lebih murah meriah.

Rupanya tidak demikian dengan Giant…meskipun produknya cukup lengkap, tapi harga nya ternyata lebih mahal, bahkan bila dibandingkan dengan minimarket lainnya yang ada di dekat rumah saya…*so what gitu loh?? toh suka2 si pemilik dong mau masang harga berapa kek, iya kan??*

Betul banget itu terserah si Giant sendiri..toh dia yang bersaing, tapi di mata saya yang sedikit paham tentang marketing ini merupakan sebuah ketidakjujuran…karena saya ingat betul di kantong plastik Giant..terdapat sebuah tulisan dengan warna hijau yang bertuliskan “Pasti Termurah di Kota Anda”…

Kita cukup tahu lah…apa yang tertulis di kantong tersebut dapat dikatakan sebagai positioning bagi Giant, sama halnya dengan Nokia yang memosisikan dirinya sebagai produk handphone dengan teknologi yang mengerti anda..alias mudah digunakan dan ini tertulis pada tagline nya, begitu pula dengan produk lainnya yang biasanya mencoba menjelaskan positioning mereka melalui tagline.

Mungkin ini buat sebagian orang bisa dibilang hal kecil, tapi yang harus diingat adalah positioning itu kan ibarat janji kita pada pelanggan, iya kan? Ya..tujuannya untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan pada kita, sehingga kita dianggap kredibel dan dengan sendirinya..perusahaan dan produk kita akan selalu ada di benak mereka…sehingga bisa tetap eksis dan bertahan dengan kompetitor.

Apabila positioning Giant betul2 ditepati, maka ketika ada ibu2 (loh kok ibu2..), oke lah..misalkan ada mba2 cantik, atau mahasiswi2 cantik…nanya ke saya *ngarep mode : on*

“Eh ganteng…dimana sih tempat belanja yang murah dan lengkap?? jawab dong tampannn…” *sambil ngalungin celurit ke leher*

Bisa saja saya jawab dengan yakin “Giant lah tempatnya…murah dan lengkap”…

Sayangnya..hal itu sepertinya tidak dilakukan oleh Giant…. lengkap mungkin iya..untuk ukuran saya yang males muter2 cari barang..tapi harga nanti dulu… toh setelah saya tanya sini situ dan browsing internet, nyatanya banyak yg sependapat dengan saya…

Hmmm..saya mencoba untuk gak cuma mengkritik tanpa ada solusi… saran saya mungkin Giant bisa merubah tagline yang di gunakannya, dari “Pasti Termurah di Kota Anda” menjadi “Pasti Terlengkap di Kota Anda”, kenapa harus tagline?? karena terkadang tagline itu cara awal memposisikan produk dan perusahaan kita di mata pelanggan… tapiiiii…gak cuma merubah tagline aja kualitas dan kekurangan yang ada juga harus diperbaiki.

Kalau semuanya sudah baik…secara yakin pula kita dapat menunjukan positioning kita kepada masyarakat..dan secara otomatis pula masyarakat mengakui eksistensi kita… jadi gak ada yg dirugikan… Semoga ini bisa menjadi pelajaran berharga untuk Giant, karena zaman sekarang konsumen lebih pintar dan sumber informasi itu ada dimana2 sehingga bisa membandingkan mana yang benar2 menepati janjinya dan mana yang tidak, mana yang kredibel dan mana yang tidak, melalui blog ini pula saya menyampaikan pendapat saya, semoga berguna dan semoga pihak Giant berkenan…toh untuk kemajuan situ juga, betullll?? *tullll….*

Oh iya sebagai penutup, ada 4 resep yang saya baca dari buku Hermawan Kartajaya tentang cara membangun positioning secara tepat.

Pertama, positioning kita haruslah dipersepsi positif oleh para pelanggan dan mampu menjadi alasan bagi mereka untuk membeli produk atau menggunakan jasa kita. Dalam arti kita harus mampu memposisikan diri kita sebagai produk atau perusahaan yang bisa memberikan manfaat bagi pelanggan.

Kedua, positioning harus mencerminkan kekuatan dan keunggulan kompetitif perusahaan, dan jangan merumuskan positioning tetapi ternyata tidak mampu melakukannya..atau dalam bahasa marketing Hermawan Kartajaya menyebutnya sebagai over-promise under-deliver. Jangan bilang punya produk paling murah se kota, tapi ternyata warung sebelah lebih murah, jangan bilang punya teknologi yang user friendly tapi pas digunain susah setengah mati…jangan bilang jual jasa yang cepat dan memuaskan tapi ternyata proses nya berbelit-belit.

Ketiga, positioning harus bersifat unik sehingga dapat dengan mudah mendiferensiasikan diri dari para pesaing. Kalau sudah terlihat unik maka akan sulit ditiru dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Terakhir/keempat, menurut Hermawan Kartajaya…positioning itu harus berkelanjutan dan selalu relevan dengan berbagai perubahan dalam lingkungan bisnis. Baik perubahan sosial budaya, teknologi, perubahan pelanggan, dan persaingan…..

………………………………………………………………………………………………….

jadi….apakah saya masih mau belanja di Giant??? sementara ini saya rasa ndak mauuu…cari tempat lain dulu ajah….klo kepepet baru deh…

Namanya juga konsumen…punya hak toh duit nya mau di belanjain ke mana…

Leave a Reply

