Cara mencintai ibu2 rumah tangga..*maksudnya??*

mom_shoppingKenapa ya, jumlah wanita di parlemen masih sedikit? Apakah karena wanita itu kurang bisa memberi keputusan yg terbaik? atau apa karena wanita itu terlalu mudah terbawa perasaan? *kebawa-bawa politik ceritanyaaa…*

Tapi untuk beberapa hal diluar politik, wanita itu punya peran dan kekuasaan yang dominan. Dalam dunia marketing misalnya, tidak bisa dipungkiri para ibu2 rumah tangga masih menjadi target pasar yang menjanjikan untuk dibidik.

Sedikit cerita nihh…..tiap minggu kadang saya harus meluangkan waktu sekitar 1-2 jam untuk belanja di supermarket.*maklum anak tunggal…kudu pinter2 bantu nyokap belanja πŸ˜€*

Nah apa yg saya beli adalah barang2 yg sudah ditentukan dan ditulis oleh ibu saya di daftar belanjaan, jadi bisa dibilang my lovely mom satu ini cukup paham dengan merek2 tertentu yg dirasa cocok dengan yg dibutuh kan anggota keluarga. Ta’ pikir2…kok bisa ya sebuah merek begitu kena di hati tiap ibu2, bahkan sampai menjadi top of mind dan di rekomendasikan dari satu ibu ke ibu yang lain, atau bisa jadi dari ibu ke anaknya, atau ke anggota keluarga yang lain, kok bisa?

Dari hasil sedikit ngobrol ke teman2 yang lain plus baca2 buku, rupanya itu sih tergantung pinter2nya si marketer aja dalam membidik ibu2 rumah tangga dan menjadikan mereka target market yang sesuai dengan produknya, bahkan kalau produknya bukan kebutuhan rumah tangga sekalipun, si marketer kudu pinter2 membuat produk tersebut sebagai produk pilihan dan cocok untuk keluarga….

duhhh…kebiasaan nih…suka sok langsung ngambil kesimpulan…

Tapi memang betul lohh…keluarga itu memang umumnya punya loyalitas yang tinggi terhadap sebuah merek tertentu, jadi bila sebuah keluarga udah mulai merasa nyaman dengan produk dari merek tertentu dijamin lah…selama produk itu gak mengecewakan pasti loyalitasnya tetap tinggi.

Tapi saya baru tahu, kalau produk merek tertentu ingin jadi pilihan keluarga, maka sebisa mungkin merek yang bersangkutan mampu meraih hati sang ibu.. loh kok??

Hal ini wajar kok, soalnya kebanyakan ibu rumah tangga itu dalam mengambil keputusan memilih suatu produk, pasti akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ekspektasi keluarganya…jadi kalau produk itu dinilai mampu memberikan value atau manfaat yg banyak, pasti deh jadi pilihan.

Mungkin itu pula yang jadi penyebab kenapa beberapa merek seperti lifebuoy, pepsodent, dll selalu menjadi produk yg direkomendasikan secara turun temurun dalam keluarga. Karena kenyatannyaselain aman dan harga terjangkau…tiap promosi yang mereka lakukan juga selalu mengangkat tema keluarga…

Dari sumber lain yang pernah saya baca menyebutkan, kalau ingin sukses mendapatkan pasar ibu rumah tangga…maka buatlah promosi, bisa berupa iklan yang menyentuh sisi emosional ibu2 tersebut…percaya???

Hal ini berarti terkait dengan context, alias…lebih kepada bagaimana cara kita menawarkan produk dan menyentuh hati pelanggan. Dan ternyata hasilnya adalah…tiap ibu2 itu mudah tersentuh hatinya dengan iklan yang menampilkan anak-anak.

Tapi sekali lagi nih…iklan bisa saja terlihat menarik lengkap dengan janji2 dan segala macam penawaran lainnya, tapi lebih bagus lagi kalau kesemua janji dan tawaran tersebut dapat dipenuhi. Dengan tujuan si ibu menjadi percaya dan melakukan pembelian ulang, kemudian menjadi loyal terhadap merek yang bersangkutan.

Paling enak bila suatu merek sudah dipercaya oleh ibu rumah tangga, karena itu berarti merek tersebut berhasil masuk kedalam hati sang ibu. Tapi memang gak gampang…setidaknya harus mampu menumbuhkan kepercayaan, dan jangan sekali-kali berbohong pada konsumen.

Salah satu cara yg paling sering disebut adalah dengan menunjukan kredibilitas dalam bentuk kejujuran. Jadi sepertinya suatu produk memang harus mampu mengatakan secara jujur manfaat yang bisa diberikan kepada pembeli..jangan over promise lahhh bahasa kerennya mah…

Oke..mungkin ini cuma sekedar iseng analisis aja..kalau dirasa kurang lengkap kita bisa bagi2 pengetahuan & pengalaman…ya mudah2an isi artikel ini berguna untuk mereka yang memang berencana atau memang sedang membidik pasar ibu2 rumah tangga… HIDUP EMAK…..!!!!!!


Advertisements

5 comments on “Cara mencintai ibu2 rumah tangga..*maksudnya??*

  1. nyokap kebetulan jual produk2 mandi untk balita. sekedar tmbahan sob..harga juga menentukan
    maksudnya jangan sering2 rubah2 harga prduk yg kita jual, karna ngaruh ke lyalitas planggan.
    gitu aja sih tmbahannya. Peace..

  2. Hidup mamamia
    klo urusan belanja, ibu2 emang paling tau lah mulai dari harga sampai kualitas!!!
    kaum laki2 ga da apa2nya urusan yg satu ini!

  3. @geri: thanks so much tambahannya…klo dipikir2 bener juga tuh, harga juga punya peran penting…salam kenal ya!!!

    @AA: wait…ini AA siapa ya? Antasari Azhar kah?? atau Ayu Azhari hehehehe..*ngarep*, setuju memang kaum wanita itu paling dalam belanja yg berkualitas dengan harga yg pas…beda ama laki2 yg mungkin gak pinter nawar… πŸ˜€

  4. Hello, kok isi blognya selalu kehidupan yg dikaitkan dengan marketing sih?? πŸ˜€ he3x iseng nanya aja kok, lagi iseng browsing soalnya. thanks.

  5. @ Felia: hehehe iya yah…kok tentang marketing terus?? abisnya lagi seneng sama yg berbau badan marketing sihhh…tapi nanti saya coba bahas yang lain, semoga gak ngaco ya…thanks dah berkunjung… πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s