Mau artis seksi & hot? Atau blogger yang seksi & hot? Pilih aja disini..

horikita-makiWesss..ada apa nih? kok tiba2 saya tertarik membahas hal2 yang seksi? setelah mengalami bulan yang padat dengan kerjaan (ampe males ngecek blog sendiri) yang menyita waktu, apakah blog ini telah berubah menjadi blog yang full berisi cerita dewasa?

“Aku masih..seperti yang dulu..masih normal”

Yup betul banget..blog ini gak akan dibuat hanya untuk memvilusivikasi puahh…susah banget nyebutnya…maksudnya memvisualisasikan erangan2 dan desahan erotis dalam bentuk tulisan seperti “oh..yes..oh no babes…” atau “ah..eh..oh..” dengancara ga jelas

Yang jelas saya masih bermoral, beriman dan tahu malu. Dan judul yang saya ambil itu hanya untuk menjelaskan bahwa para blogger itu sekarang ini memang tambah hot, menarik, seksi, fantastis, bombastis seperti para artis untuk ikut membantu dunia pemasaran…*hiyaa…ujung2nya marketing juga…hayooo Om2x gatel yg lagi browsing saya minta maap yah coba cari ke situs tetangga aja hehehe*

Disadari atau tidak..peranan blogger di dunia pemasaran mejadi semakin penting. Pernyataan ini saya buat dari hasil saya blog walking alias silaturahmi ke beberapa blog tetangga yang menurut saya menarik.

Banyak para pemilik blog diundang dalam sebuah launching produk tertentu atau even produk tertentu, dengan harapan para blogger dapat ikut membantu promosi produk yang bersangkutan melalui blog nya masing2. Berarti bila kita membahas blog yang sudah ikut membantu sebuah promosi, maka tidak dapat lagi dikatakan peran sebuah blog hanya sebagai media eksistensi seseorang di dunia maya atau mengatakan blog hanya sebagai sebuah media mengekspresikan diri semata.

Karena sifatnya yang horizontal…menjangkau masyarakat luas, sifatnya interaktif..maka blog memang menjadi salah satu senjata ampuh dalam komunikasi pemasaran, bahkan keampuhannya sudah dapat mengalahkan para endorser alias bintang iklan sebuah produk sekalipun.

Sebelumnya diblog ini saya juga pernah membahas tentang peranan Ferdi Hasan sebagai endorser produk Oreo. Ferdi Hasan yang dikenal sebagai artis yang bersih dari gosip negatif, smart, dan sayang keluarga diharapkan dapat membentuk brand produk Oreo sebagai produk yang aman untuk dikonsumsi keluarga.

Memang dapat dikatakan iklan yang menarik dan dibawakan oleh seorang artis, maka juga dapat mempengaruhi penjualan produk tersebut. Dan hal ini didasari oleh dua pilihan, yaitu:

Pertama, pilihan akan dijatuhkan pada artis yang kala itu sedang naik daun, dengan pertimbangan artis yang dipilih dapat mewakili karakter produk yang bersangkutan.

Kedua, tentu saja terkait dengan budget atau dana yang dimiliki untuk menggunakan artis yang bersangkutan. Walaupun merogoh kocek yang besar, sampai sekarang artis memang tetap menjadi pilihan dalam melakukan komunikasi lewat iklan, dengan harapan keberadaan artis tersebut dapat membantu brand awareness, brand recall, brand recognition, yang berujung pada pembelian produk.

Tentu saja walaupun menggunakan artis, sebuah iklan harus tetap memenuhi beberapa kriteria. Adapun menurut Philip Kottler beberapa kriteria tersebut adalah:

Pertama, komunikatif dalam arti pesan yang disampaikan mengenai sasaran yang dituju. Kedua, iklan hendaknya menghibur, karena terkait dengan daya tarik iklan sehingga ditonton konsumen dan pesan yang disampaikan oleh artis mampu didengar, menarik dilihat dan dapat dirasakan dengan jelas. Ketiga, ada keterkaitan antara produk dengan iklan. Keempat, tayangan iklan yang dibuat hendaknya dapat menimbulkan simpati konsumen yang sedang melihatnya.

Akan tetapi iklan hanya bersifat satu arah (one way communication) antara produsen dengan konsumen, hanya sebatas memberi informasi. Namun sekarang perkembangan teknologi internet yang begitu cepat telah merubah paradigma tersebut, masyarakat tidak lagi dihadapkan pada era pemberian informasi saja, namun kini sudah masuk era partisipasi pula.

Hal ini memberikan banyak peluang dan jalan kepada para marketer untuk lebih kreatif dalam beriklan dan berpromosi produk, tidak heran banyak para produsen mulai melirik para blogger untuk ikut membantu berpromosi kepada khalayak masyarakat luas.

Kenapa harus blogger? Ada apa dengan blogger?

chatting-2

Sebenarnya tidak harus lewat blog juga sihh..bisa juga dengan penggunaan milist atau pembuatan situs produk yang bersangkutan. Tapi blogger itu unik, mereka mempunyai pembaca setia yang selalu siap membaca apa yang disampaikan, dan dapat secara langsung berkomentar secara gamblang dan jujur, tidak heran mereka terkadang diundang untuk menghadiri setiap acara yang diadakan sebuah produk tertentu. Bahkan di masa kampanye, politikus pun sibuk mengundang blogger.

Dengan bantuan blogger, pola komunikasi monolog yang biasa ditampilkan dalam iklan di televisi lengkap dengan artisnya,kini berubah menjadi komunikasi yang bersifat dialogis dan ada interaksi (two way communication), walaupun terkadang respon yang diberikan mengenai suatu produk tidak selalu positif, kadang bisa pula negatif.

Ditambah lagi, sekarang ini masyarakat di Indonesia tidak lagi terlalu yakin terhadap apa yang disampaikan lewat iklan, terkadang masyarakat lebih mempercayai rekomendasi dari orang lain (word of mouth), atau informasi yang ada di internet, sehingga terkadang apa yang ditulis dalam sebuah blog menjadi panduan dalam memilih sebuah produk.

Jadi…selamat datang di era pemasaran interaktif..sudah waktunya para produsen mendengar suara konsumen, sudah waktunya para pemasar ikut turun gunung berbaur dengan masyarakat. Bukan berarti meninggalkan iklan di televisi secara total, tapi para pemasar harus lebih rajin menjaga kualitas produk dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat luas termasuk dengan para blogger…

Dan untuk para blogger yang sudah mulai banyak dilirik produsen dari produk tertentu…Selamat, Anda memang SEKSI….*sambil siul2 ke arah cewe lewat, dibales dilempar linggis..*

……………………………………………………………………………………

Advertisements

One comment on “Mau artis seksi & hot? Atau blogger yang seksi & hot? Pilih aja disini..

  1. Pingback: 2010 in review.. thank you Wordpress..thanks so much. « 1000langkah’s Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s