Tayang lagi…!!!(TVC berseri Pond’s)

ponds0011
*hiyyyaaaaa……ga tahannnnn!!!*…..mungkin itu perasaan yang muncul ketika lihat TVC berseri nya Pond’s…Pertama, saya memang lagi iseng coba untuk mengamati persaingan produk satu ini dengan produk kecantikan lainnya (Olay). *iseng amat yak??*

Kedua…saya coba menahan diri untuk tidak terlebih dulu membahas TVC berseri nya Pond’s terbarunya ini di blog saya, karena kurang motivasi buat ngebahasnya.

Ketiga dan yg paling membuat saya “gatel” adalah ketika iseng2 masuk ke blog nya mbae Chic dan saya membaca postingan tentang premier pemutaran iklan terbaru Pond’s tersebut…wahhhh..saya keduluan, tapi setidaknya ini memotivasi saya untuk memposting artikel tentang Pond’s

Tapi….yang pasti ini bukan masalah iri atau sebagainya…secara saya ini kalau ada di seminar atau diskusi lebih senang lihat pengisi acaranya daripada fokus ke materinya.!!!*dan yg penting makanannya huehehe…..*

Ok kembali ke topik pembahasan. Jadi, apakah Pond’s sedang ingin mengulang kesuksesannya lagi melalui TVC berserinya????

Menurut saya iya deh, kenapa?? Lewat premier pemutaran iklan terbarunya yang mengundang publikasi media massa itu berarti Pond’s sedang menjalankan Strategic Marketing Public Relations, mengandalkan iklan saja mungkin tidak cukup untuk Pond’s, karena iklan hanya sebatas mengenalkan atau mengkomunikasikan adanya produk baru yaaa… sekaligus membujuk masyarakat sebagai konsumen untuk membeli produk tersebut lahhh…

Ditambah lagi dengan adanya premier pemutaran iklan Pond’s yang melibatkan massa termasuk bloger didalamnya, diharapkan dapat memperkuat publikasi dan promosi untuk memperkuat posisinya sebagai produk kecantikan terbaik di masyarakat, sekaligus menjadi sarana kampanye pemasaran.

Pada dasarnya semua produk bisa saja berpromosi dengan cara mengeluarkan iklan serial sih, tapi juga butuh pendekatan khusus agar iklanya dapat diterima, misal dari cerita yang dibawa dalam iklannya, seperti yang dilakukan oleh Pond’s.

Kisah percintaan? Wihiiii….sepertinya tema satu ini memang selalu layak untuk diangkat, dan masih disukai banyak orang. Jangankan film2 ditelevisi yang always loveeee….melulu, group band di Indonesia yg banyak bermunculan pun ikut mengusung tema cinta untuk lagu2 mereka.

Cerdiknya lagi, karena pendekatan dengan tema cinta, malah membuat orang2 penasaran untuk menunggu kelanjutan iklan Pond’s tersebut. Karena dibuat berseri keingintahuan pemirsa tentang akhir kisah cinta si gadis miskin dan pria kaya malah semakin besar.

Padahal ini bukan kisah nyata, bukan juga cerita sinetron. Tapi ya itu tadi karena iklannya dibuat secara unik, seru untuk dilihat dan bikin penasaran, keseluruhan iklan berseri ala Pond’s itu menjadi sangat menarik terutama mungkin untuk para wanita.

ponds-21

Pernah juga saya membaca sebuah buku yg menjelaskan bahwa iklan berseri itu bisa memberikan efek yg maksimal, dalam arti jadi mampu meningkatkan brand awareness asalkannnnnn…..

1. Ada benang merah antara episode satu dengan episode selanjutnya *lahh..ini sih udah pasti, klo ceritanya gak nyambung, jadi benang kusut namanya…*

2. Menggunakan pendekatan budaya yang baik.

Untuk yg kedua, saya agak bingung apakah Pond’s sudah memenuhi hal itu atau belum ya? tapi kalau dilihat-lihat iklan tersebut tidak menampilkan hal2 yg seronok juga sih…sehingga bisa jadi tidak melanggar budaya timur di Indonesia.

Alhasil bila kedua hal tersebut ada, maka iklan berseri akan mengena ke masyarakat konsumen, sehingga kisah kelanjutan dari iklan versi berikutnya akan selalu dinantikan.

*Tapi kan pasang iklan di televisi itu mahal ya??*

Bener banget….inilah salah satu kerugian kalau mau nekat bikin iklan serial tapi dananya pas2an, biaya produksi nya aja muahalll…dan kalau sudah jadi tambah lagi biaya pasang iklan di televisi yang bikin dana makin kering… belum puas sampai situ, minimal iklan serial yang menampilkan 4-7 episode harus terus ditayangkan selam beberapa bulan, agar banyak masyarakat yang lihat..wuihhhh gak kebayang deh biaya nya bisa miliaran rupiah lebih mahal dari iklan biasa.

Tapi kalau Pond’s sih saya gak terlalu aneh…bisa dibilang produk satu ini paling gencar berpromosi lewat iklan di televisi, dan cara ini memang menjadi andalannya untuk bersaing dengan produk lain sekaligus mengepung kompetitornya sampai gak berkutik.

Jadi semakin jelas…apa yang dilakukan oleh Pond’s dengan iklan berseri nya memang sudah dipersiapkan secara matang mulai dari konsep, dan juga dana promosinya. Kalau kedua hal ini sudah jadi perhatian pihak pengiklan Pond’s, sudah pasti brand Pond’s akan semakin kokoh di mata masyarakat.

…………………………………………………………………..

Oh iya, postingan ini tidak ada unsur promosi produk loh…..saya hanya coba membahas dari sisi marketing yang saya ketahui saja….kalau seandainya pembahasannya jadi terkesan subjektif, mohon di kasih tau & mohon dimaafkan ya bro…

namanya juga lagi belajar nulis blog he3x*jurus ngeles nomor wahid…*

Advertisements

2 comments on “Tayang lagi…!!!(TVC berseri Pond’s)

  1. semua perusahaan mulai tahun 2000an lebih suka pake iklan berseri..* lupa aku baca dimana* kalo di luar negri mah sudah mendahuli kita.
    Tapi memang aku lebih suka yang berseri…
    Seperti iklannya ponds, kecuali yang seri BCL ya * maksa banget soalnya* trus IM3 juga…Banyol dan lucu

  2. @ evelynpy: salam kenal…eh berarti ga masalah dong klo iklan di Indonesia pake iklan berseri untuk produknya, yg penting kuat modal aja…iklan berseri emang cocok untuk produk yang ingin menawarkan beragam benefit dari produknya, ga heran klo iklan IM3 juga dibikn berseri & terus terang saya juga suka sama iklannya… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s