Ketika Blog menjadi Personal Brand

personal-brand2Pernah suatu ketika blog 1000langkah ini di komentari secara antusias oleh seseorang *akhirnyaaa….ada juga ya yg antusias, bahagianya hatiku serasa melayang ke angkasa luas..hayahhhh..berlebihan*

Sebagai wujud terima kasih, maka saya balik mengunjungi blog beliau, ok..di dalamnya banyak postingan yg menarik, tapi ada satu postingan yang mengatakan bahwa semakin seseorang sering membahas sebuah bidang tertentu di dalam blognya, maka semakin di akuilah pengetahuannya akan bidang tersebut, dan mungkin melalui blognya akan banyak terkumpul orang2 yang menyukai bidang yang sama.

Saya langsung teringat postingan menarik di blog NavinoT

Ya, di blognya, NavinoT membahas tentang Authority, yaitu sebagai sebuah pengakuan atas penguasaan domain atau ilmu tertentu. Kalau dipikir-pikir betul juga apa yg ditulis NavinoT untuk lebih lengkapnya silahkan rekan2 baca sendiri di blog beliau.

Terinspirasi tulisan tersebut, saya jadi mulai berpikir, mungkin sok mikir lebih tepatnya he3x… anggaplah blog Anda sebuah produk, dan lewat postingan dalam blog, sebenarnya Anda sedang menambah value blog Anda tersebut, dan ketika seseorang merasakan valuenya maka blog Anda akan selalu diingat.

Pada saat itulah berarti kita sudah membangun Personal Brand melalui blog kita sendiri.

…………………………………………….

Walahh..kebablasan langsung kesimpulan…coba dong dijelasin dulu

Dengan ilmu yang terbatas saya mungkin bisa menjelaskan seperti ini nih..

Personal branding, diartikan sebagai sebuah proses yang dilakukan oleh seseorang untuk membedakan dirinya dengan kebanyakan orang lain dengan menunjukan nilai yang unik dari dirinya sendiri, bisa dengan jalan menunjukan keahliannya tentang suatu bidang, reputasi dan kredibilitas yang diperolehnya dan lain sebagainya.

Boleh jadi Personal Branding dari blog kita dimulai ketika kita menetapkan kompetensi yang kita miliki, keahlian yang kita punya dan lebih bagus lagi bila mampu mendemonstrasikannya , ya seperti melalui blog…

Jadi bisa dibilang Personal Branding is Yourself, blogger yang seperti apakah teman2 ini, dan apa spesialisasi teman2 yg ingin ditunjukan lewat blog, kita sendiri yang menentukan.

Sebelum melanjutkan saya ingin sedikit berbagi blog yang sering saya kunjungi!!!

Ketika saya ingin tahu banyak tentang dunia finance *walau sampai sekarang gak ngerti2* maka blog pilihan saya adalah blog nya Bro Edy

Ketika saya ingin tahu perkembangan dunia teknologi dan internet, yang terlintas dalam pikiran saya adalah blog nya NavinoT dan Pitra

Sebenarnya masih banyak lagi blog yang menjadi target untuk saya kunjungi, dan susah kalau harus saya sebutkan satu persatu di postingan kali ini.

Kembali ke pembahasan, maksud saya mengambil contoh beberapa blog yang saya sebutkan tadi yaitu ingin menjelaskan bahwa lewat keahlian yang dimiliki, kualitas dan kemampuan dalam membahas suatu hal dan konsisten untuk membahas bidang tertentu, dapat membuat seorang blogger memiliki personal brand mereka sendiri, yang membuat blog mereka unik diantara blog yang lain.

Hal itu dikarenakan personal brand adalah tentang membangun persepsi, personal brand adalah tentang bagaimana membuat orang lain mempersepsikan diri kita, atau bisa juga bagaimana membuat orang mempersepsikan blog kita, bahkan jauh sebelum mereka bertemu dengan kita sebagai penulis blog yang bersangkutan.

Apa poin yang didapat dari postingan kali ini:

  1. Membuat blog kita berbeda di mata orang lain ternyata cukup penting, salah satunya dengan cara spesialisasi. Iya betul…spesialisai untuk membahas suatu bidang, atau bisa juga spesialisasi dalam gaya bercerita sehingga dinilai unik dan menarik bagi pembaca blog.
  2. Membuat blog kita menjadi sebuah personal brand yang kuat untuk kita, ternyata memerlukan waktu dan konsistensi yang besar, sehingga jangan berhenti berkarya melalui blog.

………………………………………………….

Sampai saat ini pun saya merasa belum mampu membangun personal brand yang kuat melalui blog 1000langkah ini, terutama dalam hal konsisten untuk membahas satu bidang khusus…karena seperti dilihat isi blog ini mungkin 60% seputar marketing dan 40% tentang hal lainnya…ya mau gimana lagi namanya juga masih belajar, yang penting kan mau berbagi ilmu walaupun sedikit *heh…kok jadi mirip curhat ya??*

7 comments on “Ketika Blog menjadi Personal Brand

  1. Pengalaman membangun blog sejak dulu kala, jangan terlalu terfokus pada 1 niche topik, tapi juga jangan terlalu luas. Kalau luas, karakteristik blog menjadi blur, susah diidentifikasi. Kalau terlalu sempit, yg susah nanti kita juga, karena akan cepat kehabisan bahan.

    Perluas sedikit niche topik yg kita pilih sehingga cukup membuat kita leluasa dalam menulis. Kalau saya misalnya: seputar online branding dan online communities.. yg membahas dari sisi komunikasi dan teknologinya. Tapi jg kadang2 membahas game, video, animasi, atau hal2 lain yg masih “dekat,” atau setidaknya bisa disambung2in dengan niche topik blog yg awalnya kita pilih.

  2. QUOTE: Ketika saya ingin tahu banyak tentang dunia finance *walau sampai sekarang gak ngerti2* maka blog pilihan saya adalah blog nya Bro Edy

    Tidak tahu apakah saya harus merasa senang atau sedih…. senang karena blog sederhana itu bisa jadi pilihan bro, tetapi sedih karena ternyata saya masih belum berhasil menjelaskan tentang topik pilihan saya itu dengan baik…. Semoga saya bisa terus ada improvement dalam menulis…

    Good luck with the blog…. saya suka ide header imagenya…. sayang gambarnya buram dan cenderung pixelated…. Ada terpikir utk membuat sendiri image headernya dengan konsep yang sama? Dengan sedikit ‘keringat’, foto beberapa orang, dan photoshop, kualitas imagenya bisa lebih bagus….

  3. Sebentar….saya rasanya agak2 gak percaya nih, ada Mas Pitra & Bro Edy komen di blog saya, mimpi apa ya semalem?? perasaan semalem cuma mimpi ketemu Horikita Maki aja kok….sebelumnya saya mngucapkan terima kasih banyak… *hormattttt…gerak!!!*

    @ Mas Pitra : saya setuju perluasan sedikit pembahasan boleh2 aja, asal tetap berada di koridor yg sama yg telah kita tentukan…ini juga jadi semacam masukan buat saya boss..semoga saya ke depannya tetap dapat mengembangkan hal tersebut..sekali lagi saya ucapkan terima kasih…..hatur nuhun…dh berkunjung ke sini lagi..

    @ Bro Edy–> QUOTE: Tidak tahu apakah saya harus merasa senang atau sedih…. senang karena blog sederhana itu bisa jadi pilihan bro, tetapi sedih karena ternyata saya masih belum berhasil menjelaskan tentang topik pilihan saya itu dengan baik…. Semoga saya bisa terus ada improvement dalam menulis…

    Well..bro Edy, ini bukan salah situ kok, emang basic saya aja yg gak nyambung dengan Bro Edy, tapi karena blog Bro Edy tulisannya lebih mudah saya pahami, maka jadi pilihan saya, basic saya sosial…tapi pengen banget ngerti tentang finance, terus berkarya Bro Edy…

  4. Betul kata Pitra, jalannya ga boleh terlalu lurus, senggol kanan kiri dikit, biar lebih menarik dan menarik untuk dibaca.

    Masalah Authority, pasti akan tumbuh seiring waktu. Jadi keep blogging aja deh… 🙂

  5. @ Ivan : setuju banget dengan pndapat bro Ivan satu ini…memang baik yg namanya brand atau authority itu bukan instant yg langsung jadi….butuh proses…Thanks so much dah berkunjung lagi ke sini.. 😀

  6. personal brand? thank you, ternyata ngeblog memang bikin personal brand. Brandtakan, brandalan, dan nyampe jalan-jalan ke brandung.

  7. Membaca Artikel sdr. M. Isya. saya teringat pertanyaan dari kawan saya sesama mengajar, saya aktif ngeblog, dia tanya apa dapatnya kita ngeblog, spontan saya jawab kepuasan, berbagi ilmu dan paling tidak saya tahu perkembangan tekhnologi informasi dan semoga saya tidak masuk pada koloni gaptek walaupun saya masih gaptek. Memang blog adalah menunjuk pada keahlian kita, eksistensi kita shari-hari apalagi konten blog kita spesial,ok maju terus blogger indonesia, dengan berbagi ilmu senantiasa menambah ilmu kita.Wassalam

Leave a Reply

