Naik Kereta Api..tut..tut..prett..

warningWARNING: ADULT CONTENT!!!

Postingan ini banyak berisi kritikan, kekesalan, kekecewaan, rasa benci, tidak puas, amarah, dan se”jublek” emosi lainnya. Gaya tulisannya pun suka2 si penulis, jadi buat mereka yang tidak terbiasa dengan beberapa ucapan kasar, penghinaan dan caci maki, disarankan tidak membaca postingan ini.

Tapi buat Anda yang memang tetap ingin mengetahui dan tidak suka berpikir negatif, mau menganalisa dari sisi positif, dengan senang hati diijinkan untuk terus membaca.

Kebetulan nih lagi kesel, muak dengan kondisi transportasi di negara kita tercinta. Hmmmm rasanya emosi banget…*ngasah golok*

Ehhhh..masih lanjut baca tulisan ini ya?? oke gak masalah gw emang mo cerita sedikit pengalaman yang menggambarkan betapa buruknya transportasi di negara kita ini.

Siapa sih yg gak tau kereta , transportasi cepat, bebas macet, terjangkau dan jadi pilihan massal satu ini emang gak pernah sepi dari penggunanya. Terbukti tiap tahun meskipun jumlah motor bertambah, jumlah penjualan mobil naik, tapi kenyataannya mereka yang menggunakan kereta tetap saja ada.

Nah, gw termasuk yang beruntung sering menggunakan transportasi satu ini *dulu sih mikirnya gitu..*

Tapi liat kejadian beberapa minggu ini yang sering gw alami, eh gak ding..gw gak sendirian, masih ada temen2 gw juga yg mengalami hal yang sama, plus orang lain juga, kalo di itung2 banyak banget dosa PT. KAI ama kita semua, sumpah bener2 ga tau malu, di hina bukannya sadar malah tambah gak waras pelayanannya.

Gw ngomong kyak gini bukan tanpa sebab, fenomena penuhnya kereta oleh penumpang emang bukan hal yang aneh, gak muat dalam gerbong ya agak keluar gerbong juga boleh, mau gimana lagi…ya selama ini PT. KAI gak mau mikirin hal kayak gitu kok, makanya jangan heran kalo penumpang ampe naik ke atas gerbong.

Udah gitu PT. KAI cuma ngambil kebijakan gak penting untuk mengatasi hal tersebut, memberikan hukuman buat mereka yang ada di atas gerbong dengan cara menyemprotkan cairan berwarna ke arah mereka *cairan apaan tuh?? ahh gak peduli*

Berhasilkah?? menurut gw ini cara aneh, dan agak2 gak penting, mungkin bisa dibilang bodoh juga sih..toh nyatanya peraturan ini gak berjalan lama, coba liat sekarang di stasiun manggarai atau semua stasiun sekalian, mereka yang di atas gerbong santai2 aja tuh..lha wong peraturannya anget2 t** ayam.

Ini cuma satu contoh betapa bobroknya pelayanan KAI, mungkin banyak banget kalo disebutin satu persatu, tapi kita ambil beberapa contoh aja. Nih tiga hari yang lalu gw beli tiket kereta buat gw pulang ke bogor. Ok lah…harga tiket kereta ekonomi AC Rp 5500, sedangkan uang yang gw keluarin Rp 50.000, kalo si penjual karcis ini cerdas merangkap jujur, pasti uang kembalian yang dikasih ke gw sejumlah Rp 44.500, iya gak sih…??? *mendadak cerdas*

Tapi berapa jumlah yang dia kasih cuma Rp 34.500, wajar gak kalo gw nagih kekurangannya?? ya wajar lah…jelas gw belum masuk ke dalam manusia yang sangat amat kaya raya, alias borju, jadi wajar dong gw tagih sepuluh ribuya, lagian mau loe kaya atau gak… ini masalah kejujuran, setuju…?? harus setuju.

Akhirnya gw tagih ke penjual tiket, walaupun dia ngasih sambil sedikit ngedumel, yang jelas tindakan gw itu didukung oleh seorang ibu2 yg bilang ke gw terkadang emang penjual tiket nya suka gak jujur dan sering manfaatin pembeli tiket untuk dapat keuntungan sendiri. yes..setidaknya gw gak jadi korban itu orang.

Petualangan belum berakhir….kereta yang gw tunggu belum juga dateng, sedangkan penumpang udah mulai banyak. 3 hari sebelumnya gw juga mengalami hal yang sama, penumpang udah “berjubel” sedangkan jadwal kereta selalu “ngaret”…ya ampun…apa setiap hari kayak begini?

Terus buat apa loe pajang itu jadwal kereta, kalo nyatanya gak berguna? wahh emang ternyata orang PT. KAI itu pinter korupsi waktu ya..hebat..hebat..gw doain supaya kalian cepet sadar..Amin…

Ada satu hal yang bikin gw ngerasa emang pelayanan PT. KAI itu bener jelek, dan ga menghargai penumpang kereta..jadi ya wajar lah kalo gw dengan suka hati membeberkan kejelekan kalian toh memang pada kenyataannya, kalian sendiri yg bikin kita semua gak ada respect sama kalian.

Begini teman2…terdengar pengumuman bahwa kereta ekonomi sudah masuk stasiun manggarai, itu berarti setelah manggarai..ya tebet, nahh disinilah gw dan semua penumpang kereta nunggu..

Sedangkan kereta ac-ekonomi baru masuk stasiun juanda, itu berarti ada sekitar 2 stasiun lagi yg harus dilewati sebelum nyampe ke tebet…Logikanya adalah udah pasti kereta ekonomi duluan yg nyampe, iya gak sih???

Dan berhubung jadwal kereta yng ngaret gak ketulungan, bisa dibayangin dong jumlah penumpang udah sebanyak apa…eh gilanya lagi kereta ekonomi gak nyampe2 juga ke stasiun tebet, tetep aja dia nongkrong di manggarai, dan tiba2 ada pengumuman bahwa kereta ac-ekonomi juga udah nyampe di manggarai dan bersiap jalan ke stasiun tebet..

Bayanginlah betapa kaget dan hebohnya mereka yang udah beli tiket ekonomi, gak tanggung2 banyak orang yang tuker karcis jadi ac-ekonomi, karena mereka juga gak mau kelamaan nunggu kereta, alhasil sebagian penumpang dengan tiket ekonomi beralih menjadi ac-ekonomi, sedangkan jumlah penumpang dengan tiket ac-ekonomi sebelumnya aja udah “bejibun” *what is the meaning of bejibun???* (bejibun = buanyakkkk)

Sadisnya lagi, gw denger ini adalah taktik PT. KAI supaya tiket AC-ekonomi laris terjual, secara beda harga antara ac-ekonomi & tiket ekonomi, walaupun harga tiket katanya turun, ac-ekonomi dari 6000 jadi 5500, sedangkan ekonomi dari 3000 jadi 2500, tapi bukan berarti loe bisa nyepelein penumpang gitu aja dong…bagi gw mendingan harga tiket gak usah turun tapi kualitas layanan baik, dasar gak mikir, nanti kalo ada yg pingsan, atau tewas gara desek2an kayak kasus Ponari gimana?? mau tanggung jawab?? *kasian Ponari di bawa2*

So, bisa dibayangin meriahnya gerbong2 kereta ac-ekonomi kayak apa, semua tumplek..plek..plek..udah kayak ikan teri, saking banyaknya jangan harap bisa gerak bebas, puter kepala ke kiri atau ke kanan aja resikonya besar…. secara jarak satu kepala ke kepala orang lain deket banget…

Mending kalo pas puter ke kanan atau kiri ternyata sebelah kita cewe yang mukanya nyaris mirip Mulan Jameela, minimal Shandy Aulia deh, kan gw bisa langsung pasang senyum terbaik yg bikin wanita manapun “klepek2″, kejang2 ampe diare akut…

Tapi emang nasib..pas gw naek kereta dalam kondisi tak berdaya, desek2an sana sini, well…orang disebelah kanan gw nyaris bikin gw gak bisa ngomong apa2….gak bisa nikmatin 1 jam perjalanan.

Gimana bisa nikmatin perjalanan, kalo orang di sebelah kanan loe bapak2 kumis tebel khas tukang sate madura, pake kaos warna item, jaket kulit warna item…plus aksesoris cincin batu akik segede telor puyuh yg suka dipake Tessy Srimulat…parahnya posisi gw berhadapan ama sang tukang jagal, pupus sudah harapan gw bertatapan dengan Shandy Aulia…nightmare..oh nightmare…

Dalam hati rasanya gw pengen ngomong ke si bapak…”Pak..bapak tau Ryan dari Jombang kan pak?? bapak gak nge fans kan ya ama dia?? please ya pak saya normal..saya gak mau diiris tipis2…ampunnn”

Ok..itu beruntung aja karena gw sebagai cowo, desek2an di kereta gak terlalu khawatir, masalahnya gara2 kereta yang penuh..banyak juga tindakan pelecehan seksual yang terjadi ama kaum wanita, pencopetan & tindak kriminal pokoknya laris manis kalo udah kondisi kayak gitu.

Apa PT. KAI tau masalah kayak gitu? pasti tau, tapi sayang tindakan nyatanya belum ada.

Kalo gw boleh berpendapat, mungkin baiknya pihak asing di kasih izin untuk bikin usaha transportasi kereta juga di Indonesia, udah deh PT.KAI jangan monopoli lagi…udah jelas cara monopoli loe tuh cuma jadi tempat korupsi, gw yakin kalo pihak asing bisa dikasih kesempatan pasti akan ada persaingan sehat di bidang pelayanan..adil toh!!!

Lagipula memang ada kok pihak asing yang berminat, tapi sayangnya dedengkot2 korupsi yang banyak nikmatin uang korupsi di PT. KAI udah terlalu betah ama dosa2nya, kalo udah gitu ya udah met nikmatin dosa ya….semoga kalian gak bosen2 di sumpah2in ama kita2 ini..owkey..

2 comments on “Naik Kereta Api..tut..tut..prett..

  1. yep…betul bangeud sya, mengingat ini perjuangan setiap hari jadi tetep aja gw merasa dirugikan klo ternyata tiket kereta dinaikkin padahal pelayanannya parah banget, apalagi klo naek kereta ekonomi, udah penuh, tetep aja ada tukang jualan, kan ngeganggu banget, dan apalagi klo cewe….semangat angker!!!

  2. @ Vava or Vanny atau lebih tepatnya Stevanny lantai 7 MarkPlus, Inc ehehehe…..inilah perjuangan anak2 kereta tiap hari ya!!!! beneran yah..itu PT. KAI kayaknya passion for service minus banget…tapi sabar & berdoalah agar postingan ini nyampe ke mereka….sapa tau mereka sadar, atau bisa jadi gw malah masuk penjara..*waduh jngan ampe kejadian deh*

Leave a Reply

