Blog Internal Perusahaan (The end…)

Rekan2…ini adalah postingan lanjutan dari artikel sebelumnya yg berjudul “Blog Internal Perusahaan (Part one..)”.

Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya dari segi yg lain saja. Seperti yg rekans..pernah baca pada artikel sebelumnya (btw, emang ada gitu yg baca ????? ahhh biarin yg penting eksisss..!!!), pembahasan lebih fokus pada manfaat blog internal serta bagaimana mengimplementasikannya, walaupun penjelasannya tidak terlalu banyak, tapi mudah2an berguna.

Nah..sebenarnya ada juga bagian lain yg menurut saya cukup menarik *pede abiss..mode on*

Salah satu bagian itu adalah tentang menggunakan blog untuk meningkatkan internal komunikasi dalam perusahaan. Kalau tidak salah saya pernah menuliskan bahawa blog juga bermanfaat untuk tumbuh kembang anak ehhh..maksudnya sebagai media internal komunikasi dan juga marketing, betul gak sih? *pura2 lupa*

Tapi pada kenyataannya internal komunikasi dapat menjadi hal yang sulit dilakukan pada tiap perusahaan baik besar maupun kecil. Walaupun sebenarnya sih untuk sebuah perusahaan kecil, hal tersebut tidak terlalu sulit untuk dilakukan, karena email dapat menjadi jalan keluarnya.

Saya sendiri berpendapat email memang cara yang cukup baik untuk meningkatkan internal komunikasi, meskipun terkadang agak sulit untuk mengurusnya dikarenakan beberapa permasalahan seperti spam…lalu scam..juga terkadang terlalu banyak informasi yang masuk lalu menumpuk, sulitnya mengkategorikan dan beberapa masalah lainnya.

Sedangkan untuk blog ada beberapa keuntungan yg bisa kita peroleh dari penggunaannya untuk internal komunikasi, yaitu :

– Setiap pegawai bisa berkontribusi.
– Setiap pegawai dapat memberikan komentar dan tentu saja tiap komentar tersebut dapat dilihat oleh pegawai yang lain dong… *tiba2 merinding*
– Setiap postingan dapat diarsipkan dalam jangka waktu yg laaaammmaaaa…atau tidak terbatas.
– Postingan dapat dikategorikan sehingga mudah untuk dilihat
– Postingan sebelumnya dapat dicari dengan cepat dan mudah didapatkan.

Tapi, bila melihat manfaat di atas, sepertinya email juga bisa melakukan beberapa hal yg sama toh? Iya memang betul, tapi menurut pendapat saya, internal komunikasi menggunakan email terkadang menjadi too much noise karena misalnya nih, lebih banyak digunakan untuk mengirimkan artikel humor ke sesama pegawai kantor, mulai dari humor yg bener2 lucu sampai yg benar2 dewasa *merasa bersalah*

Atau terkadang digunakan mengirimkan pesan2 yg kurang produktif, bersifat provokasi dan sebagainya. Dapat dikatakan, pada email kuantitas pesan mungkin banyak, tapi dari segi kualitas sulit dikontrol.

Blogs memberikan solusi yang cukup baik, karena pegawai yg ingin mem-posting suatu berita memiliki kecendrungan untuk mengutamakan kualitas isi postingannya.

Mungkin hal ini juga dikarenakan adanya kesadaran bahwa apa yg ditulis, dan apa yg dikirim ke blog dapat dilihat dan diketahui oleh seluruh pegawai kantor mulai dari bagian finance, receptionist, HRD, enginer, IT, sampai CEO. Dan tentu saja mereka semua dapat berkomentar terhadap isi informasi yg kita kirimkan baik positif atau negatif.

Oh iya, ada lagi yg mau saya sampaikan nih *sok yakin padahal dah mentok*

Ini saya dapatkan dari buku yg juga membahas tentang internal blogging dan pengembangannya, saya baru baca sedikit tapi saya kasih tahu deh..intisari dari salah satu pembahasannya.

Di sana dijelaskan bahwa, walaupun rekan2 adalah bagian dari sebuah perusahaan kecil atau perusahaan multinasional sekalipun, mendapatkan informasi yg tepat dan waktu yg tepat adalah hal yg penting.

Dan blog, dapat dikatakan sebagai salah satu caranya. Tentu saja, sebelum memulai menggunakan blog, pastikan ada strategi untuk internal bloging (terus terang saya masih nyari sumber yg tepat untuk masalah ini).

Buatlah blog internal perusahaan menjadi tempat yg menyenangkan dalam berkomunikasi, berbagi ide, memasukan kritik dan saran untuk perusahaan (pertanyaannya adalah..cukup terbuka kah perusahaan Anda???) sehingga mereka menjadi antusias dan menjadi media baru yg menyenangkan untuk digunakan.

Tapi harus juga dipastikan bahwa kita menggunakan blog karena kita sadar akan manfaat yg bisa diperoleh dari sana, bukan hanya karena ini media baru, canggih dan exciting

Rekans…mungkin itu semua yg dapat saya sharing tentang blog internal perusahaan *sumpah udah mentok nih*

Semoga kita dapat saling berbagi ilmu ya….(^_^)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s