Banyak bersabar…dan banyak bersyukur…

sabar2Temans…hari ini saya merasa benar2 diuji banget, harus lebih banyak menahan emosi supaya gak muarahh..Bagaimana rasanya bila ada seseorang yang merendahkan diri temans2…?? baik dengan cara menghina, mengejek, mencela dan sebagainya? Saya sendiri rasanya harus lebih banyak belajar lagi untuk menguasai emosi, ada beberapa cara yang biasa saya gunakan.

Pertama, saya selalu mencoba memegang prinsip bahwa saya harus siap bila ada seseorang yang mengejek saya, walaupun ejekannya agak sedikit merendahkan harga diri saya. Dalam hati, saya coba menahan emosi dengan mengatakan “itu gak masalah selama loe2 pada gak bawa2 ortu gw atawa keluarga gw” (wuihhhh…sadis bener..keluar deh sifat Yakuza nya huahahaha…)

Kedua, saya pernah membaca sebuah buku tentang analisa kepribadian sewaktu SMU dulu. Salah satu isi buku tersebut mengatakan bahwa pada dasarnya bila ada seseorang yang mengejek kamu, menghina, melecehkan atau merendahkan dirimu di depan orang lain sehingga kamu terkesan tidak berharga dan tidak berdaya, maka ingatlah bahwa sebenarnya orang yang mengejek, menghina dan melecehkan kamu lah yang sebenarnya lebih lemah. Dia melakukan hal itu agar orang lain tidak merendahkannya, bagi orang2 lemah seperti itu dengan melecehkan dirimu maka ia berpikir orang lain tidak akan melecehkan dan merendahkannya. Kasihan ya orang2 seperti ini, padahal cara mereka salah, cepat atau lambat justru mereka yang hancur. Seperti kata pepatah “Apa yang kamu tanam maka itulah yang akan kamu tuai”

Terus terang cara yang kedua lah yang lebih sering saya terapkan, membuat saya menjadi pemaaf walaupun pada awalnya sakitttt…banget. Toh menjadikan dirimu pemaaf bukan berarti kamu lemah bukan, justru Allah S.W.T akan meninggikan derajatmu dan selalu membantumu (bayangkan bukan manusia lagi yang ngebantu, bahkan Allah turun tangan, mantaffff….).

Ketiga, positif thinking. Saya selalu mencoba berpikir positif mungkin orang yang sedang mengejek saya itu hanya bercanda, cuma dia tidak sadar kalau bercanda sudah keterlaluan sampai merendahkan orang lain..wahh..lagi2 belajar jadi pemaaf, makin tinggi deh derajatnya Aminnn…

Tapi kadang aneh, masa ada orang yang senang bercanda dengan cara mengejek seseorang sampai merendahkannya, di depan orang lain pula. Ahhh..positif thinking aja…biar Allah S.W.T yang membalasnya, dengan memberi azab mungkin (huaaahhhh…sadis bener..just kidding).

Temans….mungkin itu cara yang biasa saya gunakan, entah efektif atau tidak bila kalian juga ikut menerapkannya, cuma sekedar sharring dan semoga berguna. Doakan juga semoga saya tetap bisa menggunakan cara ini, karena namanya juga manusia, keimanan dan kesabarannya bisa naik bisa juga turun. Nah..kalau sedang turun itulah yang berbahaya…semoga cepat naiknya..kalau tidaxxx…jangan salahkan saya kalau tiba2 saya bawa samurai…atau minigun, AK 47 juga boleh, bawa greenade launcher juga kayaknya bagus tuh….waduh makin ke bawah penjelasannya makin kejam, sudah waktunya mengakhiri artikel, sebelum aritkel ini saya tulis menggunakan tinta darah..huahahaha… peace..

Be a good friend ya…always..

NB: Waktu di pertengahan saya tulis artikel ini, salah satu teman kantor saya mengucapkan salam perpisahan karena dia memutuskan resign setelah merasa tidak tahan lagi dengan sikap salah satu atasan di kantor kami..fiuhhh saya takut langkah semakin berat, tapi percaya Allah S.W.T pasti terus membantu. Dan untuk teman saya yang saya hormati, semoga diluar sana semakin sukses, biarpun kerja kerasmu disini tidak dihargai, di luar sana banyak yang mencari orang loyal & hard worker seperti dirimu my friend…sukses selalu…

Advertisements

5 comments on “Banyak bersabar…dan banyak bersyukur…

  1. ini kedua kalinya iseng ngunjungin blog kamu, nice..artikel this time….
    aku juga ngerasa bersabar itu hal yg ckup susah..makin sabar makin banyak godaan..sukses..

  2. beberapa cara yang loe tulis, ada brbrapa yg udah pernah gw prktekin, sama2 bro…bersabar itu susah..btw yg namanya poetri kyknya nice girl tuh like a princess…salam kenal ya..

  3. baru sdkt artikel yg bisa dibaca di blog kamu, aku dpt link ke blog ini dari putri, kebetulan lagi pngen beli buku yakuza moon, terus cari rfrensi. Masalah bersabar kadang trgantung kondisi kita wktu itu juga kali…tp saran kamu layak buat dicoba, trutama yg pake bawa minigun segala ha3x…buat ngncem my boy friend..

  4. friend coba dong kasih kiat juga brsabar menghadapi krisis global, soalnya krisis global bisa memancing emosi nih..btw gak ada foto loe nih, misterius banget kesannya

  5. Allah S.W.T selalu memberikan jalan bagi orang yang sabar..salah satu yang meninggikan derajat kita selain mampu bersabar juga pengetahuan. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s