Penyakit “Nostalgia masa kuliah”

ojiip4Akhir Bulan Agustus tahun 2008, kalau tidak salah tanggal 28, tepat satu tahun saya total meninggalkan dunia kampus, dunia yang banyak memberikan saya kenangan. Berarti sudah satu tahun pula saya berpetualang di dunia baru, yaitu dunia kerja. Terus terang saya merasa sudah banyak yang berubah dari diri saya sendiri, terkadang kalau saya berbicara dengan teman satu angkatan, kok rasanya pola pembicaraan sudah banyak yang berubah, mulai dari topik yang dibicarakan, cara penyampaian, cara kita mengeluarkan pendapat, dll. Tapi terus terang saja buat saya pribadi selama itu menunjukan kemajuan pada diri saya berarti tidak masalah sama sekali.

Nah….besok tepatnya tanggal 22 November 2008 bertempat di kampus Fikom Unpad Jatinangor, akan jadi spesial moment untuk saya. Akhirnya saya punya kesempatan datang kembali ke kampus. Sebenarnya pada hari itu adalah malam puncak ospek jurusan kami, mahasiswa jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Bagi kami yang sudah senior atau bisa disebut juga alumni, itu adalah saat untuk mengenaljunior kami. bertemu dengan junior??? Bisa dibilang itu juga jadi salah satu tujuan saya datang ke acara tersebut, sudah ada tiga angkatan dibawah saya yang tidak saya hadiri penutupan ospek jurusannya, bukan sombong atau mau dibilang sok eksklusif, tapi terus terang aja teman-teman satu angkatan saya pun jarang yang menghadiri acara tersebut.

Alahasil, datang ke acara tersebut seorang diri adalah pilihan yang sangat amat saya hindari, bukan juga berarti tidak kenal angkatan di atas saya, tapi bagaimanapun juga akan lebih “nyambung” rasanya kalau ada teman seangkatan yang sama-sama hadir di acara tersebut.

Tapi rasanya besok itu beda, saya merasa gak peduli berapa teman-teman seangkatan yang akan hadir, rasanya saya cuma ingin datang ke sana, melihat acara penutupan tersebut tanpa banyak harapan apakah akan banyak rekan-rekan sesama alumni yang hadir? atau apakah acara penutupannya bagus? apakah jumlah pesertanya banyak? dan banyak pertanyaan lainnya.

Semua pertanyaan tersebut hilang, saya “gak peduli”, saya cuma ingin hadir dan mengingat kampus saya kembali. Apa ini yang namanya kangen dengan dunia kampus ya? Ha3x…saya rasa hanya orang yang alumni atau mereka yang sudah meninggalkan dunia kampus saja yang terkadang bisa merasakan hal tersebut.

Sempat ada kabar yang menggembirakan yang saya terima kemarin (20 November 2008). Teman lama yang juga pernah kerja bareng di HIMAKA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan) yaitu Nadya, lewat SMS, teman saya astu ini mengatakan bahwa acara penutupan besok akan “rame”, banyak angkatan 2003 yang mau hadir, sambil tidak lupa mengingatkan saya untuk juga ikut hadir di acara tersebut.

Wah, hebat juga saya pikir kalau memang kami dari angkatan 2003 banyak yang hadir ke acara besok. Kenapa saya bilang begitu? Terus terang angkatan kami (2003) terkenal sangat apatis dan tidak peduli dengan acara yang diadakan oleh jurusan ataupun dari HIMAKA, kok bisa-bisanya sekarang mereka mau datang ke acara tersebut, janjian pula, banyak pula yang mau datang. Apa itu benar? Jawabannya tidak bisa saya berikan sekarang, setelah acara tersebut selesai baru akan saya beri tahukan melalui blog 1000langkah ini. Tunggu aja bagaimanapun hasilnya!!!

Namun sempat terpikir oleh saya, mungkin teman-teman saya yang sudah lulus, ataupun sudah lama meninggalkan bangku kuliah karena kesibukan di luar, mereka sudah terjangkit penyakit yang sama yang sedang saya alami. Penyakit “Nostalgia masa kuliah” (nama yang aneh untuk sebuah penyakit) bukan..?

Berarti besok saya akan mulai lagi langkah saya. melangkah menuju kampus Fikom Unpad Jatinangor. Semoga bisa menjadi hari yang menyenangkan, penuh kenangan dan bermanfaat. Rasanya sudah tidak sabar untuk melihat penutupan OJIIP, tidak sabar untuk bertemu dengan teman-teman lama. Dan tidak sabar untuk menjalankan satu misi masa depan yang sudah saya rencanakan, apakah misi itu? Pasti akan saya ceritakan, yang pasti yang saya lakukan tetap merupakan bagian dari langkah hidup saya, untuk menjadi lebih baik tentunya.

Best Regards.

Leave a Reply

