Djarum Super, bukan cuma rokok melulu

Bisa jadi banyak yang setuju, bahwa mereka yang bekerja pada industri rokok, selalu dituntut untuk mampu berpikir kreatif dalam memasarkan produknya, terutama dikarenakan banyaknya larangan agar iklan rokok tidak menggambarkan secara langsung aktifitas merokok atau menampilkan secara langsung produknya lewat iklan di media cetak ataupun elektronik.

Permasalahan yang muncul bukan hanya dari segi pemasaran saja, dari segi produksi pun industri rokok harus mengalami persaingan dengan para produsen rokok ilegal. Hal ini menambah beratnya kompetisi, padahal industri rokok adalah industri yang terus berkembang, bahkan pada tahun 2010 diperkirakan pertumbuhannya sekitar 8,52%

Pada akhirnya beragam strategi untuk tetap dekat dengan target market pun dilancarkan, berbagai aktivitas mulai dari menjadi sponsor dalam acara olahraga,musik dilakukan oleh brand produk rokok agar target market tetap dalam jangkauan. Tidak terkecuali dengan PT. Djarum yang juga melakukan hal yang sama.

Brand Djarum Super memang sudah banyak dikenal sebagai produsen rokok yang banyak mensponsori acara olahraga terutama sepakbola dan futsal. Hal ini menyebabkan brand ini cukup dekat dengan komunitas pecinta olahraga tersebut. Namun bukan berarti pendekatan Djarum Super kepada target market nya hanya dilakukan sebatas sponsorship atau brand activation saja, perkembangan internet pun membuatnya berupaya untuk terus terkoneksi dengan customernya secara online. Hal ini bisa kita lihat dari website mereka di www.djarum-super.com

Website tersebut bukanlah layaknya sebuah website perusahaan yang memberikan informasi seputar sejarah perusahaan, produk atau susunan direksi yang ada di dalamnya. Lain dari itu semua website ini memberikan info yang memang disesuaikan dengan target market mereka, ”gak jauh-jauh” dari hal yang berbau sport.

Buat yang merasa penggila sepakbola, di dalamnya kita disajikan berita terbaru perkembangan dunia sepakbola dari berbagai liga internasional, termasuk liga Indonesia dimana memang Djarum Super menjadi sponsor utama di dalamnya. Buat mereka pecinta olahraga adventure yang memacu adrenalin, channel ”Super Adventure” di web site tersebut bisa jadi pilihan yang tepat untuk menambah informasi  seputar offroad, surfing, rafting, dari mereka yang mau berbagi pengalaman tentang petualangannya.

Untuk penikmat musik, jangan khawatir, web site ini menyuguhkan perkembangan dunia musik lengkap dengan ulasan event musik yang diadakan oleh pihak Djarum Super. Keunikan lain dari website ini kita bukan hanya disuguhkan informasi menarik saja, karena semakin rajin kita memberikan komentar dari tiap berita yang ada, maka kita akan mendapatkan poin untuk dikumpulkan dan ditukarkan dengan merchandise yang telah disediakan, tentunya setelah sebelumnya mendaftarkan diri terlebih dahulu dan mengaktifkan account facebook kita.

Apa yang dilakukan brand rokok Djarum Super dengan menghadirkan website tersebut, merupakan upaya untuk terus terkoneksi dengan mereka yang menjadi bagian dari komunitas pecinta olahraga dan juga musik, Djarum Super masuk ke dalamnya bukan sebagai produsen rokok, tapi mencoba menjadi bagian dari komunitas.

Jadi, apakah Anda merasa bagian dari komunitas tersebut? Kenapa tidak coba mengunjungi website djarum-super.com.

—————————————————————————

*tulisan ini  juga di muat di www.the-marketeers.com*

About these ads

One comment on “Djarum Super, bukan cuma rokok melulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s