Pond’s vs Olay, siapa juaranya?

ponds3Siapa yg tidak mengetahui persaingan antara YMKI dan AHM, sepertinya kedua perusahaan ini semakin ketat dalam berebut pasar, dengan mengeluarkan berbagi macam produk terbarunya.

Tapi persaingan ketat bukan hanya milik industri otomotif saja, sebab industri lain pun ikut berkompetisi. Salah satunya adalah industri kosmetik. Berbagai macam produk dikeluarkan untuk menarik perhatian konsumen.

Sebelum membahas lebih jauh, mungkin rekan2 tahu dengan para artis berikut ini : Cut Mini, Sandra Dewi, Gita Gutawa, ketiganya membintangi iklan baru sebuah produk kecantikan yaitu Pond’s. Dan pada kenyatannya bukan tanpa sebab Pond’s memilih mereka. Karena ada tujuan tertentu apalagi kalau bukan membendung pesaing.

Setelah sekian lama pasar kosmetik terfokus pada masalah produk yg dapat membuat kulit tampak lebih putih, tiba2 saja fokus teralihkan dengan munculnya beberapa produk yg mengusung tema “anti penuaan”. Kalau tidak salah bukan Pond’s yg mengembor-gemborkan tentang produk perawatan kecantikan jenis baru ini, melainkan Olay.

Yup… Olay sempat berjaya beberapa saat dengan jenis produk barunya. Tapi bukan Pond’s namanya kalau menyerah begitu saja. Bagi saya Pond’s termasuk produk yg kuat dari segi promosi secara above the line atau promosi melalui media seperti televisi. Dulu Pond’s sukses dengan iklan berserinya yg mengisahkan seorang gadis di tinggal kekasihnya ke kota dan melupakan sang gadis. Namun berkat Pond’s kekasih sang gadis tersebut kembali dan mereka hidup bahagia.

Jalan ceritanya sih biasa2 saja, tapi percaya atau tidak iklan ini menjadi salah satu iklan yg ditunggu-tunggu oleh pemirsa televisi, dan termasuk berhasil mendongkrang penjualan Pond’s.

Namun Olay balik menyerang dengan mempromosikan Olay Total Effect (kalau gak salah itu nama produknya) yg di klaim mampu mengatasi 7 tanda penuaan pada wanita. Disini sepertinya Olay lebih mensegmentasikan lagi target marketnya berdasarkan usia wanita.

Cara yang menurut saya jitu karena mencoba keluar dari persaingan ketat dengan mengeluarkan produk yg berbeda dari pesaing. Dengan iklan yg banyak muncul di media seperti televisi pada akhirnya cukup membuat Pond’s “gerah” juga.

Tidak mau kecolongan lebih jauh, Pond’s langsung mengambil tindakan dengan cara mengeluarkan produk serupa yg diberi nama Ponds Age Miracle, gak tanggung2 dari segi iklan produk satu ini dibikin “jor2an” untuk menghantam Olay, coba rekan2 ingat berapa versi iklan yg dikeluarkan untuk produk Pond’s Age Miracle ini mulai dari versi iklan testimoni yg disampaikan oleh beberapa artis wanita yg bisa dibilang wanita separuh baya, sampai versi iklan testimoni dengan melibatkan langsung para suami dari artis wanita yg menggunakan produk tersebut.

Sebagai tambahan, Pond’s juga merubah pesan yg mereka sampaikan. Biasanya untuk beberapa produknya mereka sering mengatakan “Membuat wajah tampak lebih putih”, tapi coba perhatikan untuk produk Ponds Age Miracle, mereka merubah pesannya menjadi “Membuat wajah tampak lebih muda dalam tujuh hari”.

Apakah itu berlebihan??? Hmmm..buat saya sih selama memang mereka punya budget besar ya gak masalah. mungkin itu pula yg membuat Pond’s berani memasang porsi iklan lebih besar di televisi, padahal kan tarif iklan di televisi mahal bosssss…

Bagaimana dengan Olay? Melihat Ponds Age Miracle di promosikan habis2an lewat televisi, Olay sepertinya santai2 saja. Terbukti Olay tidak menambah porsi iklannya menjadi lebih banyak dari Pond’s, kenapa ya? atau mereka kehabisan dana?

Salah bos…inilah kecerdikan Olay, melihat lawannya mati2an beriklan lewat endorser, Olay tidak mau melakukan hal serupa. Mereka cari taktik lain, hebatnya iklan mereka langsung menjelaskan value atau benefit yg bisa didapatkan para wanita dari produknya.

Tidak heran iklan nya banyak menjelaskan kandungan yang ada dalam produknya. Mungkin buat sebagian orang iklan ini jadi kurang menarik, ya iyalah…saya juga lebih senang liat iklan Pond’s yg ada Bunga Citra Lestari nya kok, lebih segerrrr…lihatnya. Tapi Olay cukup tahu bahwa para wanita itu lebih mengetahui kandungan apa saja yg bagus, cocok dan penting untuk kecantikan kulit wajah mereka.

Uniknya lagi Olay juga mengetahui bahwa para wanita banyak mengeluarkan dana dengan membeli produk kosmetik yg lebih mahal hanya untuk menjaga kecantikan wajah mereka, padahal Olay juga menawarkan produk yg kandungannya juga sama dengan produk yg lebih mahal.

Itulah hebatnya Olay, bila mereka mau bersaing dengan Pond’s dari segi harga bisa jadi mereka kalah, maka mereka membandingkannya dengan produk yg lebih mahal dari mereka. Bisa dibilang ini taktik untuk mengalihkan perhatian konsumen dan langsung terfokus untuk para wanita.

Kembali ke Pond’s, setelah merasa terlalu lama fokus pada produk anti penuaan, mereka membuat iklan baru, lagi2 sepertinya untuk menghantam Olay. Mungkin itu karena Olay mengeluarkan iklan dengan menggunakan Nirina Zubir sebagai endorsernya, yg menggambarkan wanita muda yg energik, aktif, cantik dan selalu menjaga kecantikan wajahnya. Mungkin pikir Pond’s, Olay mau mengalihkan pertarungan lagi, setelah dibendung habis2an di pasar produk anti penuaan dini. Kini Olay mau memanfaatkan kelengahan Pond’s dengan mengambil pasar wanita remaja dari tangan Pond’s.

Sampai akhirnya baru2 ini Pond’s mengeluarkan iklan teranyar mereka. Tidak tanggung2 tiga wanita canti berbeda umur di gandeng langsung sebagai endorser produk mereka. Cut Mini, Sandra Dewi, Gita Gutawa. Loh kok yg diambil berbeda umur semua??

Tujuan apalagi kalau bukan untuk mengkampanyekan bahwa produk Pond’s itu lintas usia, berapa pun usia wanita baik ABG, remaja, ataupun wanita separuh baya, maka Pond’s lah produk yg cocok untuk mereka.

Tidak heran pada iklan tersebut selain menampilkan para artisnya, Pond’s juga menambahkan keterangan berupa umur dari masing2 endorsernya.

Tinggal kita lihat apalagi strategi mereka selanjutnya, bisa jadi nanti mereka akan coba menggaet pasar pria dewasa atau anak muda, betul gak? Kalau memang itu terjadi berarti akan ada banyak pemain yg bersaing. Dan untuk para wanita yg sengaja atau tidak sengaja membaca postingan ini, mungkin punya penilaian yg berbeda, karena Andalah yg paling tahu keunggulan dari masing2 produk.

173 comments on “Pond’s vs Olay, siapa juaranya?

  1. sory, tpi gw lebih milih Olay, karena lebih terasa manfaatnya buat gw..Ponds cuma unggul di bintang iklan aja tuh!!! nothing special *menurut gw loh ya*

  2. @ Mizu: saya belum pernah denger sih ada pria yg pakai Olay anti – aging…coba aja tanya sama pakar kosmetik mungkin kamu nanti bisa dpet jawaban yg lebih tepat…(^_^)

  3. Q lebih milih Olay u/ pelembabnya krn Ponds bikin wajahku jerawatan. Selama ini Q pake Olay cocok2 aja tuh. Tapi gk tau loh dgn konsumen yang lain. Ni cm pendapatQ aja

  4. yup Olay dapat digunakan untuk pria… segemntasinya berdasarkan pada usia… Olay 7 untuk 25 tahun, Regeneristuntuk 35 tahun

    coba saja… :>

    untuk Pond’s Age Miracle, mereka menggunakan Retinol sebagai fokus utama, ditambah Retinol Booster sebagai penguat… yang jadi pertanyaannya seberapa efektif dan amankah Retinol? apalgi jika Retinol didorong dengan “Retinol Booster” qta memang tahu Retinol bagus untuk xpress repair… tapi dalam jangka waktu lama bagaimana?

    itu pertanyaann saya…
    __________________________

    saya Pribadi menggunakan Olay, Oriflame dan Murad… terima kasih

    Ricky Pratama

  5. hellpp. .
    intinya olay yg radiance n total effect bagusan mana?

    kalau buat yg kulit kering dan mau mutihin,
    saya harus pakai olay yg mana?
    tolong bls yahh.
    umur saya 18th.

  6. ponds is the best!!! kalo kt tau mana yg cocok & sesui dgn jenis kulit kita… & jgn suka memfonis kulit kt bermasalah krn suatu prodak yg kt pakai…!!! kt harus koreksi terlebih dl,sudah sesuikah prodak yg kt pakai dgn kebutuhan kt…!!! atw cara pakai kita yg salah!!! ada baiknya konsul dl ke spg’y atw tlp ke layanan ponds’y!!!

  7. saya milih olay, karena lebih cocok ke kulit saya. paling terasa waktu sakit cacar, bekasnya ilang sama sekali, biarpun butuh waktu agak lama

  8. aku mempercayai bahwa ponds memang tebukti membuat wajah semakin putih. percaya atau tidak ponds benar – benar melindungi kulit dr sinar matahari dan melembabkan kulit rd pagi hingga mlm.aku sudah lama memakai ponds dr aku lulus sd sampai skg kulitku tampak putih dan cerah sampai semua org heran karena aku pun bisa menjga kulitku sehingga ska byk teman2 ku memakai ponds.buat aku apapun produknya.kualitas, atau harga yang mahal tidak menjamin kulit itu tampak putih dsb akan tetapi gimana kita bisa merawatnya.aku percaya POND’s karena itu terbukti sampai aku berusia 23 tahun.Pond’S mengerti bgt kulitku…

  9. aku hanya berbagi pengalaman saja karena aku suka berbagi dan menurut aku semua wanita itu sempurna dan cantik semuanya.untuk para cowo yang ingin memakai ponds silakan saja sudah terbukti.aku punya cowok sering sekali di sharing tentang kulit wjah yang kusam dan berminyak kini setelah aku memberikan solusi untuk memakai ponds kini dia lebih percaya driri sreta memakai pondns pelembab dan pembersihnya.jd menurut saya ponds bs digunakan dlm segala umur dan gender.

  10. Olay tetap Unggul Karena Wanita yang Cerdas akan memilih produk Kosmetik yang benar-benar terasa Manfaatnya itu adalah O L A Y, Saya Sangat Cocok dengan Produk Olay nga bikin Jerawat n Kusam. Wanita Yang Cerdas Pilih OLAY. TAPI sekarang Kenapa Produk Olay ditarik dari Pasaran, padahal saya lagi nyari nih??

  11. yuhuuu……….
    Lo Q se’,tetep Olay lah juaranya………
    is the best deh olay..
    Q dah pake Olay sejak 5 tahun yang lalu jadi tetep loyal dengan olay.

  12. Ehm..Kayaknya Olay de yg cocok bwt aq, mudah2an sie ni baru aja coba tapi da terasa bedanya…
    sebelumnya aq pernah pake PONDs tp gk tau kenapa muka aq jadi mudah berjerawat gtu deee…

  13. @chrysti, sovie, resyi: thanks dah ikut comment di blog ini, lucu juga sih soalnya dari awal pembahasan tentang pond’s vs olay tentang cara marketing komunikasinya, bukan ke arah efek produknya, ada yang merasa lebih bagus olay atau pond’s itu terserah temen2 aja, saya juga ga bisa ikut mendukung salah satu soalnya saya ga pernah coba satupun hehehe…tapi ketika saya liat antusias temen2 membandingkan kedua produk ini wahhh saya salut juga ternyata masing2 punya penjelasan sendiri kenapa suka olay atau kenapa suka pond’s, jadi pengen ketawa soalnya udah beberapa minggu ini pengunjung blog + yg ngasih comment ke blog ini kbnyakan perempuan…ya udah lah gpp siapa tau bisa sekalian cari pacar temen baru…salam kenal semuanya..
    NB: untuk yg comment nya blum dibales saya mohon maaf, karena baru beberapa hari ini saya aktif buka blog lagi..sukses untuk semua.. (^_^)

  14. wah klo dulu sih pernah pake Pond’s tp gak berefek, ujung2nya timbul jerawat bruntusan n malah timbul bekas jerawat item2 trus stlh itu aq berganti ma cream dokter kulit hasilnya sih lumayan tp gak berangsur lama timbul jerawat bruntusan. akhirnya aq stop krim dari dokter kulit. selama seminggu aq gak memakai krim samasekali(rencana mo ganti produk ke olay), setelah seminggu aq memakai produk dr olay… 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan, 2bulan ternyata olay ngefek ke kulit gue. kulit gue yang semula banyak item2 bekas jerawat langsung pudar n jerawat ku ndak keluar lgi( keluar 1 – 2biji klo pas wktunya mens aja. so sampe skr aq msh tetp pake Olay meskipun kulitku berminyak, tp yg penting jerawat ndak keluar lgi n bekas item2 jerawat berangsur – angsur memudar). thanks OLAY… I luph u Pull OLAY………

  15. aku pake olay ..,udah 3 thn-an,wah TOP abis deh olay…,kulitku jadi putih halus and noda2 bekas jerawat juga ilang..,wah pokoknya OLAY okehhh bangeeet deeeh…!!!!

  16. Teman2.. salam kenal yach..
    Aku Qian.. baru ngadain penelitian kecil-kecilan mengenai iklan produk kecantikan..
    Buat siapa aja yang penting cewek, tolong dijawab ya..
    Iklan produk kecantikan yang menawarkan kulit tampak lebih putih khan banyak tuh.. sebut aja ada POND’S, OLAY, GARNIER, dkknya..
    Kalau dari iklannya sendiri, teman-teman lebih suka yang mana?? Bagian apanya yang disukai..
    Trus kalo secara kualitas, lebih prefer yang mana ‘n kenapa??
    Thx bgt sebelumnya..

  17. klw aq sih lebih percaya ma olay…coz dulu aq juga perna pakai ponds tp kulit aq jd kering…n terasa kayak tertarik…kulit mudah berjerawat dan klw pakek bedak juga sering numpuk”…tp khasil na ngk ada…tp setelah aq pakai olay…kulit aq udah ngak kering lgi,kulit q pun terlihat lebih cerah,bintik hitam bks jeratnya pun udah mulai memhilang..dan kulit q pun terasa lebih lembut..ngk hanya aq aja yang pakai tp semua klwrga aq juga percaya ma olay…n mereka jg pakai olay…biarpun cow mrk jg bs pakai…pakok na olay..the best deh…bwt yang lain jgn hanya termakan ma iklan na…tp pilih la yang co”k ma kulit kita.

  18. aq pernah pake ponds miracle,lumayan deh muka keliatan bersih dikit trus gk pake lagi muka jd kusam.trus nyoba olay punya nyokap pi jd berjerawat.aku beralih ke ponds flawless eh malah tambah jerewi nya hiks…gimana nih skr bekasnya banyak banget..

  19. klo aq dr sma pake ponds,pernah jg pake olay tp stlh pake muka jd berminyak.trus skrg ak pake ponds flawless day+night+serum+cleanserny.emng sih agak mahal tp its ok lah.sbnrnya ak jg pgn make olay total effects,tp bingung antara olay ma biokos botu like.sis,da pernh ada yg make blm?bagusan mana ponds atw olay atw biokos.soale kulit ak slain pgn tmbh “cling” jg ngencengin..tlg share ya..

  20. Kira-kira produk olay yg cocok bwt aku apa yah, bwt ngilangin flek item bks jrwat.??
    umur ku 17 th

  21. quw mw tanya nih bguzan mna olay radiance n total effect bagusan mana??
    quw sie skrg makai yang olay whitening…
    cuma quw mw tw zh bgusan olay radiance atau total effect

  22. olay is the best dech!! q ud pke slama 5 taon kasiatny kerasa bgt,, klo PONDS kulit jd kering cma kualitas promosiny yg bgus…

  23. olay bikin berminyak tmbh banyak.. nggak cocok buat yg sering beraktifitas diluar lapangan..
    karena itu aq lebih cocok pke ponds palagi ponds flawless white.. nyaman dikulit n ringan.. seminuggu abiz pke benran jd putih..

  24. Dl aku prnah pk olay. Lumayan, kata tman2ku wajhku lbh knyal, mulus tanpa jerawat mskipun sdkt brminyak…trus ada tman yg ngjak pndah kePOND’S, katanx lbh bgus. Trus aku coba, tp slama be2ra mggu pk pond’s kok wjahku mlah brjrawt gt, trus kusam lg..akhrnx aku milih kmbli ke olay aja..

  25. skrg aq lg pake p0nd’s,.Tp efek’a k0q muka jd kusam n b’minyak y!!Aqu pengen tw,0lay itu bsa ngatasain kulit yg kusam n b’minyak g,.Klo bsa,0lay yg jenis pa??
    N wat c0w0,0lay yg c0c0k jenis yg mana??

  26. skrg aq lg pake p0nd’s,.Tp efek’a k0q muka jd kusam n b’minyak y!!Aqu pengen tw,0lay itu bsa ngatasain kulit yg kusam n b’minyak g,.Klo bsa,0lay yg jenis pa??
    N wat c0w0,0lay yg c0c0k jenis yg mana???

  27. aku mau curhat…
    pake ponds flawlesswhite yg tube gede harganya 56rbuan(klo ga slah lupalagi) muka ku jadi jerawatn n sensitif,nyeselll,kulit juga ga jadi putih2 amat,cuman bentar,kalo lagi ga pake biasa aja malah jadi kusam,muncul jerawat2 kecil di dahi,pipi,trus ganti ke citra,ovale krim,ga sembuh2 huaaa… nah pas lulus sma kmren kan ada libur 3bulanan lah ya,jarang kluar rumah gtu,aku hentikan pemakaian pelembab,jadi cuman cucimuka pake sabun muka lifebuoy,alhamdulillah ya alloh jerawat2 kecil uda ilanggg!!muka jadi cerah,bersih kaya dlu,ga bkin kering2 gmana,,tapi brhubung tanggal 23 uda mulai ospek..mau ga mau harus cari pelembab lagi,trauma pake ponds..

  28. saya umur 30thn,,dan blm pernah coba produk olay, dulu pernah coba pake Ponds tapi pengaruhnya gak kelihatan. sekarang saya mau coba olay…yang cock untuk menghilangkan flek Hitam yg mana ya…mhn balasannya

  29. dlu aku pake PONDs..pertama2 sih bgus..mutihin..trus ga bkin berminyak..tapi lama2 malah jerawatan plus komedoan gt..trus jg ga secerah awal2 make.. trus berpindah ke OLAY..iya sih rada bkin berminyak..tpi bgus..bikin kulit kenyal dan putih..dan yg psti..sampai lama makenya jg ga nimbulikn jerawat n komedo..
    trus ada PONDs flawless white.. iklannya menjanjikan bgt yah kayanya.. pgn pindah ke PONDs lgi..tpi tkt jerawatan n mlah kusem..
    jadi bingunggg.. hehehee =.=
    ayo dunk shareee…butuh infoooo

  30. aku malah jdi bingung,,pilih olay apa ponds ya…
    umurku 25 taon…
    di lihat dari coment2 sich..kebanyakan pakai olay…
    kalo buatku yg cocok apa ya…
    plis donk…

  31. Hai…ak lg bingung nich, muka ak sih mulus g ad jerawat, tp warna kulit agk sedikt ga rata n juga di mata lingkaran ny item bgt, mw pake cream bingung kebnyakan produk n iklan yg janji sana sini..share donk kira2 apa yg co2k y..kl jenis kulit normal

  32. Saya pertama pk ponds wkt smu,produknya yg Detox krn saya memang punya bintik hitam.wajah emg sih keliatan tmbh putih,itu pun setelah pemakaian yg lama banget.trus muncul lah varian produk Pond’s yg Flawless katanya sih setelah 7hr flek hitam akan tersamarkan.udh sampe abis 3 pot ga satu bintik pun yg ilang.kemakana iklan :( malah saya sempat beli serum malam nya,hrg nya kl ga salah hmpr 90rb deh.tp cuma baru dipakai lgs dibuang.takut liat peringatan nya: tidak boleh kena matahari slm memakai produk which mean kl smp kena matahari bakal muncul flek hitam baru di wajah (ini pengalaman pribadi saya wkt dulu sempat pake produk dgn peringatan sprt itu). Trus teman pria saya nyaranin saya pk olay total effect,katanya kakaknya pk itu bagus bgt k kulit,jerawat ilang,flek memudar.trus saya coba pakai,tapi kok wajah saya jd agak oily yah? Ga betah deh,trus balik lg ke flawless nya ponds.sbnrnya salah saya juga,krn olay total effect cocoknya u/ wanita usia 27thn k atas,sdgkn umur sy wkt itu br 19thn.bete sm flawless white,akhirnya sy k dokter kulit,bagus bgt memang,tp ya itu mahal bgt! Akhirnya saya berhenti perawatan kulit di dokter
    trus muncul deh olay white radiance yg bintangnya Mariana renata.yo wis sy beli,mahal juga ya 143rb.eh trnyt ni produk bgs bgt,kata pacarku,kulit aku jd cerah banget,persis ky wkt aku treatment di dokter.ya sudah aku lgs jatuh cinta deh sama varian olay yg satu ini :) apalg tetangga saya juga bilang muka saya skrg jd bersih ga ada jerawat kecil2 sprt dulu.yeaaah….flek sih memang masih ada,tp benar2 tersamarkan.trus ketika pake bedak pun,ngblend bgt k kulit.g sprt ponds yg numpuk2 ky pk topeng.oya u/ ponds,saya sll jatuh cinta hny dengan facial foam nya,terutama yg Active Carbon.wajah bener2 bersih,cerah,putih,fresh,daki pun bnr2 terangkat.so? pelembab Olay vs Pond’s ? OLAY of course,for me :)

  33. saya cowok, pakai olay so far so good sudah hampir 3 tahun. jerawat mulai hilang, mungkin 1 kali sebulan itupun kalau saya lupa bersihin wajah sebelum tidur, maklum kulit berminyak dan sensitif, untung ada olay. dan juga olay establish cukup lama, dari jaman emak gue sudah ada. jadi buat cowok jangan ragu pakai produk ini, untuk ponds saya belum pernah coba jadi belum bisa kasih referensi. mudah2an berguna

  34. dulu pakai ponds age miracles komplit eh 6 blan ga da perubahan malah kalau pakai bedak jadi ga rata pindah ke olay total efect eh semua bilang bagus,sekarang pakai yg micro sculpting.

  35. Pond’s cocok banget dikulitku.. selama aq pake pond’s gak ada masalah tu,semoga ja selamanya aku cocok,share aja nih aq pake pond’s flawless white day and night cream,pond’s pure white facial foam,ama pond’s white beuty cleansing and toner yang pink,Hasilnya mukaku jadi flawless gitu dech, pond’s emang clikk banget diaku,,

  36. aku lebih cocok pake olay, aq skr pake olay NWHF, siang pake lotion’y klo malem baru pake night cream’y lebih bikin kulit tampak cerah, kalo kita mau dgn sabar n rajin pake night creamnya flek hitam sedikit2 memudar..

  37. aku baru mau nyoba olay kayakx bagus nih, kalau pond’s kayakx kurang ngefek deh diwajahku malah timbul jerawat kecil2 terus kusam and banyak komedox lagi. Padahal sebelum pake pond’s aku jaaaaaaaaaaaaaarang banget jerawatan kalaupun ada jerawat paling 1 atau 2 yang muncul tapi semenjak pake pond’s aduhai jerawatx bikin gilaaaa pengen mencet2 terus tuh jerawat aaaaaaaaaargh sebeeeeeeeel :@

  38. boleh kasih saran ..??
    akuu sebaiknya pakai produk yg manaa yaa ..??
    bingung nii !!
    kga adaa yg cocok smuua udah aku coba 1/1 ..
    umur akuu 14 ..

  39. sebenernya mau liat blog ini buat tugas kuliah, membandingkan dua produk dalam sistem pemasarannya gitu, tapi ngeliat comment-comment kalian lucu juga :D
    buat penulis, thanks ya :)

  40. hai..thanks dah main2 ke blog saya, untuk postingan tentang Ponds vs Olay ini emang dah banyak jadi ajang sharing para pengguna 2 produk, mudah2an bisa dapet ide ya :)

  41. Pingback: 2010 in review.. thank you Wordpress..thanks so much. « 1000langkah’s Blog

  42. klo aq c bru seminggu pke PONDS yg facial foam active carbon emank c pertama x make kulit kayak ketarik gtu….jerawat bruntusan di dahi mulai menghilang tp blum pernah nyoba pelembabnya soalnya kulitku berminyak….kira2 klo pke pelembab OLAY bagus yg mana ya?
    bisa ga c facial foamnya PONDS tp pelembabnya OLAY tkut ga cocok nti?tolong sarannya…ya thx b4

  43. Dulu aq pake pond’s cm wjh jd tmbh jerawatn. Trus aq bralih ke Garnier, jrawat jd brkurng tp msh sering muncul. Br aja tadi aq beli olay total effk, mau nyobain kali aja cocok. Tq

  44. yg bgs ny mn ya??? udh w cobain pond;s gold koh jrwat mncl trs apakah ini gk cck buat klt w??pth ny gk kusam cuma mau ny tmbl jerawat sich?? clo pakei olay muka brmnyk kali, jd pake pond’s tmbl jerawt?? mohon capa prnah pake kasih pendpt dong!!!! makasih………^_^

  45. SEKEDAR SHARING DAN BUKAN BERTUJUAN UNTUK MENJATUHKAN SALAH SATU MERK. PENGALAMAN SETIAP ORANG BERBEDA BEDA PASTINYA :

    saya memakai pond sejak kelas 1 SMP hingga tahun 2010 bulan maret( usia 28 tahun). Memakai POND’S benar2 simple dan praktis dengan hasil yang memuaskan tentunya karena cukup oleh pagi, maka seharian wajah nampak fesh dan semua orang berdecak kagum dengan kulit wajahku yang bersih n putih kala itu.

    Hingga saya berhenti pakai PONS karena wajah saya timbul jerawat yang dalam waktu singkat( 2 minggu) bertambah banyak dan ukuran sejawat lumayan besar dan berwarna pink seperti berair – tanpa nanah/mata jerawat.
    Baru pertamakali itulah saya berjewarat, dan saya merasa betapa AMAT SANGAT TIDAK PD.

    Tanpa berfikir panjang untuk ganti kosmetik (takut jerawat semakin parah) aku langsung ke salah satu Dokter spesialit kulit di Jogjakarta.
    Dan dari dokter itu pula aku tahu kalau kulit wajahku sudah sedemikian AMAT SANGAT TIPISnya karena tergerus oleh POND’S yang sudah sekian tahun aku pakai.

    dan alhamdulillah, sejak aku ke dokter itu Jerawatku sama sekali tidak muncul lagi dan aku sampai sekarang masih memakai produk yang dari dokter itu karena masih dalam proses perawatan menghilangkan noda bekas jerawat.

    *NB : – salah satu kerabat teman saya kasusnya pun sama persis dengan saya.
    – Tidak ada “PRODUK YANG AMAN, Sekalipun Obat yang diresepkan Oleh Dokter”. Maka berhati-hatilah dalam memilih kosmetik…

  46. klo aku sekarang lebih suka olay…pernah pake pond’s emang bikin tambah putih..tapi jerawatnya tambah banyak..selama pake olay kulitku tambah bagus..jrawat juga mulai berkurang…pa lagi sekarang pake olay total effect makin terasa bedanya..tapi apapun yang dipakai mau pond’s atau olay asal cocok dengan jenis kulitnya efeknya juga bagus.. ^_^

  47. Vee, thanks sharenya
    jadi mikir2 nih, mengerikan jg effect pondsnya
    btw aku jg pernah pake dokter but effectnya ketergantungan jg, saat berhenti pake bedak dr dokter tetep jg kusam
    overall kulit dah terlanjur terpapar perawatan dokter so pastinya sudah semakin tipis
    any suggest untuk produk yang aman.. olay kah?
    beberapa bulan terakhir ku dah pake ponds detox cocok gak cocok ku gak bisa membedakan dan kuteruskaaann aja, hasilnya sih lumayan gak berjerawat, tp ngeri juga jangka panjangnya klu bc share nya vee

  48. Sekedar sharing pengalaman saya. Saya sudah pernah mencoba Olay dan Pond’s,tekstur kulit saya berminyak,pori-porinya besar dan berjerawat.
    Awalnya saya pakai Olay Total Effect,pori2nya mengecil,tapi kulit jadi sangat berminyak,jerawat juga tidak berkurang,bekasnya saja yang memudar. Lalu saya pindah ke Flawless White dari Pond’s. Kulit jadi putih,bekas jerawat yang parah sekali menghilang dalam 4 minggu,padahal cuma pakai krim siangnya saja,kalau ditambah krim malam kulit jadi kenyal dan cerah. Tapi kulit jadi tambah berminyak,kulit jadi tipis dan suka perih,pori_pori tetap besar makanya jadi mudah berkomedo juga. Walau begitu,saya sudah bertahun tahun pakai ponds,dan Ponds memang nomor satu dalam mencerahkan kulit. Namun kalau teman-teman ingin menghaluskan kulit dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar,Olay-lah jawabannya. Sekarang saya pakai Olay white Radiance,bekas jerawat berkurang secara nyata dalam beberapa hari,dan kulit lebih halus.

  49. pas sma ak pke rangkaian perawatan wajah POND’S . . .
    3thun, hasilnya wjhku lbh ptih tp mkin tipis,kusam en pOri2 wjah mmbesar..
    skrg ak pke plmbab citra lasting white.
    tp ak pgn nyOba OLAY. mOga z ccOk ma kulitku…

  50. Tman gw prnah pke ponds, kulitnya mkin ptih n brsih tp stlah gw pke mlah tmbul jrawat n kliatan brminyak, aplg klo kna UV mlah kyak gsong gtu wjah gw.

    POND’S kgak ccok ma gw.

    OLAY, pas bgt bwt kulit gw, wlapun hslnya rada2 lma nmun memuaskan.

    Kmrin gw jmpa ma tman SMP gw, dya blang kulit gw mkin ptih n bbas jrawat cocok bgt jd bntang iklan POND’S.
    APA?
    Trus gw blang ma dia ‘OLAY TELAH MEMBUKTIKANNYA’

  51. wkt sekolh dlu pki ponds tp komedoan n jerawatan krn tkt coba2 q berthan kponds
    pas umur 23 ponds bt muka q +kusam smpi akhiry q cb olay akhiry cocok n mkaq jd bersih dr jerawt
    q kombinasikan jf sulfur,bedak pki maybelyn
    cs muka q berminyk gmpan jerwtan.selmt mencoba

  52. gw smpt coba ponds flawless white cream + facial wash. tpi yg ada malah muka gw beruntusan,kering 500 kuadrat, dan terkelupas. akhirnya gw stop pake krim apapun sampe udah gak beruntusan lagi.

  53. sy pake pond’s pure white (activated carbon) sebagai cleanser dan pake olay natural white untuk night cream..
    kulit saya jadi lebih cerah n ga kusam lagi sih, tapi sekarang jadi bingung.. yang ngefek yang mana.. pond’s apa olay-nya ya? hahaha..

  54. mw share nie . . :)

    dlu gw pernh make ponds dr smp kls 3 smp kls 2sma tp hasilnya muka gw jd tmbh jrwatan. .
    Ngeri bngd pokoknya :(

    kmudian gw lbh sering cuci mukaa tnp make sabun /facial foam n make salep jerwt (hnya 3rb loh. . Hehe)
    and alhasil jerwt gw jdi berkrngg…

    Hum, truz gw nyoba ponds (lupa namany, yg jls wrna htam), eh tau*ny muka gw jdi komed0an n jerwt* kcil muncl agy d.pipii..
    .yaelah..nyesel bngd :’(

    skrg gw nyoba make OLAY whitteng effect gentle. Sbnrx bru ny0ba sieh, tp gw dah liat pmbuktianx dr pacr gw. Mukax tmbh pth n gak ad jrwt.

    Oya ak mw nanx nie olay it cck gak bwt umr 17an?

  55. kulit aku kan jerawatan (pustule),sensitif krana tadinya kerjanya sama zat kimia:(udah beberapa tahun perawatan dokter,hambatannya dokternya jauh,mahal di ongkos:Oteman2 tolong share dong,aku kan hampir 29 thn,kayaknya mending pakai Olay Total Effect atau Total Radiance???trus pembersih mukanya pakai yang mana??trimakasih banyak :)

  56. hello..
    btw yg nulis postingan ini seolah-olah bahasanya kok mojokin Olay yah? (dari segi promosi).
    kalo iklan atau promote nya sih menurut aku emang unggulan Pond’s.
    tapi urusan benefit produk ya kataku bagusan Olay.
    Kok bisa?
    Soalnya aku udah buktiin sendiri :)

  57. UNTUNGLAH,.. aq pake dua2 nya aman2 aja… hehehe,.. muka tetep bersih,.. yang gag aman adalah dompetnyaaaaa hahahaha,… mahal..

  58. gue vera umur 16 tahun .kalo gue pribadi gue lebih milih olay . hasilnya memang benar ” terbukti ! bikin wajah gua bersih dan mengurangi komedo yang berlebihan! em.. oh iyah saya mau tanya ? kenapa produk olay hanya ada pencuci muka saja dan pelembab ?? saya ingin olay menambahkan produk berupa bedak ! sudah lama saya mencari”nya tapi enggak ada ! jadi saya sering mengkobinasikan dengan bedak garnier ataupun maybelyn ! em.. tolong di bales yah..:D thannkz for attention

  59. Aku pngen nanxa’,,
    Ak tuh prnah pke pond’s yg utk brminxak,, tpi kulitku mlah jerawatan,, truz ak pkek sabun bayi,, prasaan g ada perubahan,, ak d saranin ma tmenku, klo ak d’sruh pke pond’s yg hitem,, ya ak cba’ deh,, stelah itu ktanya tmenku kulitku lbih brsih dripda sbelumnya..
    Dan skitar 1 bulanan ak pke yg hitem,, kulit wajah ku kayak merintis dikit2..
    Tpi g prnah jrawatan,,
    Klo ktanya saudaraku,, pke pond’s pda remaja kyk ak (14th.nan) itu g bleh,,
    Jd baiknya apa ya??.

  60. aku pake OLAY sejak tahun 2002 sampe sekarang ini, berarti kurang lebih 9 tahun. Dulu wajahku selalu berjerawat dan kusam, tapi semenjak memakai OLAY, wajah menjadi lebih cerah, dan jerawat berkurang, Sampe sekarang pun, kalo ada jerawat muncul, aku cuman “totol” dengan obat jerawat seperti Clearasil atau Verile, setelah mengering, aku oleskan OLAY seperti biasa, dan bekas jerawat segera ber-angsur hilang.

    Tahun 2004, aku kena cacar air, diwajah ada beberapa bekas, saran dari bbrp orang supaya dikasi sari jagung, aku cuman pake 2 kali saja, karena malas :), Kemudian aku kembali menggunakan OLAY seperti biasa, dan sekali lagi OLAY membuktikan “keunggulannya” bekas cacar hilang sama sekali !

    Tapi yang perlu diingat dalam pemakaian OLAY adalah : jangan mengharapkan hasil yang cepat ! tapi bersabarlah dan terus rajin memakai OLAY, percaya deh…. akan terbukti !

    Dulu tahun 2002, OLAY hanya mengeluarkan 1 produk saja, yang dipakai tanpa batas umur, kemudian tahun 2003 baru mengeluarkan Whiter Radiance yang aku pakai sampe tahun awal tahun 2010. Kemudian muncul New White Radiance, yang iklannya Mariana Renata (aku sampe sekarang masih pake yang ini). Sekarang umurku sudah 30 tahun, bentar lagi mau beralih ke OLAY 7, untuk mencegah penuaand dini :)

    Demikian sharing pengalamanku dengan OLAY, semoga bermanfaat yah…:)

  61. q selama ini pake olay so far so good , pernah pake ponds muka langsung beruntusan kecil2 padahal br pake berapa kali jadi ngeri deh, tapi aku liat sodaraku dia pake ponds age miracle cocok sih cuman putihnya tuh ga seger ky pake bedak tebel gitu, sejauh ini sih aku g terlalu ngarepin putih( karna dasar kulitku mang dah bright) yg penting sehat aja deh, lagian skrg ngeri bgt klo instan putih takutnya ada mercurinya ….sama aja nabung racun di kulit.

  62. Gw cow n udah 1,5 tahun pakai olai night cream.. Gw pakai tiap sblum mo tidur.. Hasilny jrawat yg dulu bejibun n gedeg2 ilang. Noda2 di pipi pun skrg kecil2.. N noda2 dikening ilang total :D
    Tp gw cm pakai night cream aj..
    Ga pake yg lain.. Klw pakai daycream takut malah jrawatan soalny aktifts gw bnyk d luar. Aplg muka gw bermnyk. Takut debu2 jd mudah nempel.. Yg pasti, klw ad jrawat jgn dipencet ato dipegang.. Ntar malah tambah bnyk n bekasny lama ilang (pengalaman).
    Biarin aj jrawatny kring sndiri,,

  63. olay, udah ngembaliin wajah aku yang semula cerah dan putih, dan tetap ngejaga nya sampai sekarang,aku cocok pake olay, wajah aku putih bersih mengkilap, terima kasih olay :) :*
    dulu pas aku pake ponds jerawatan deh, makanya aku pindah ke olay

  64. pgn coba2 produk lain..tp takut nggk cocok n ngerusak kulit..
    Trus kalo usia 17thn mendingan pake apa ya??
    Tolong ya jwbnnya..

  65. klo skrg aku pake OLAY, dan aku rasa OLAY lebih bagus drpd PONDS. Karena OLAY ga bikin kulit kering, n ga bikin kulit jerawatan.
    Dulu waktu school pake PONDS tapi kulit ku rasa nya makin kering n mudah berjerawat n berkomedo.
    Menurut ku PONDS jg ga bs melindungi wajah ku dr sengatan matahari, krn makin lama ku pake makin muncul bintik hitam diwajahku.
    Akhirnya skrg aku putuskan untuk pindah ke OLAY, Syukurlah wajah ku skrg jd lebih baik dibanding saat pake PONDS.
    *
    mw tnya jg neh, produk OLAY apa ya yg ampuh tuk hilangin bintik hitam diwajah untuk usia 23 th.
    krna selama ini aq hnya pake produk yg Natural White.
    Thanks.

  66. tanpa bermaksud menjatuhkan satu sama lain, setelah pengalaman memakai keduanya, pond’s hanya menghasilkan efek dekoratif sedang olay bisa ikut mentreatmen kulit jadi lebih baik. untuk beberapa saat pemakaian pond’s menyebabkan kulit menjadi lebih kering, sedang olay cocok untuk musim tropis dinegeri kita, efek melembabkannya aman dipakai sepanjang waktu.

  67. Setuju sama coment ke56,
    Dulu aku juga pake ponds waktu sma, waktu itu si aku ngga terlalu peduliin banget wajah yg jadi komedoan, pori2 gede + minyakan di daerah T n kulit g cerah2
    Sampe akhrnya kuliah aku jd peduli tu sama wajah trus aku ganti olay,, setelah dicoba krim siang n malemy pori2 kulitku jd ngecil, alus, kenyal trus kalo bedakan jd rata tp emang minyakan si..
    Nah trus aku pake garnier yg krim siang n overnight gr2 kemakan omongan temen kozku tapi kulitku jd g alus lagi, nglanges n mudah gosong matahari
    Nah kalo sekarang mumpung uda abis garniernya, aku brenti smggu dulu trus mo pake olay lg deh hihihihi

  68. jatuh cinta dgn OLAY dech…!
    Wlwpun dibilang mahal atau lama prosesnya, tapi hasilnya bener-bener BAIK..
    Wajah aku jadi cerah sehat,kenyal dan gak ada jerawatnya.
    Syukurlah… ThankS OLAY

  69. aku pake ponds udah lumayan lama… kulit sih emng mkin putih… tapi komedonya, ga nahaaan, ttruz pori” kulit mkin gede…
    pngen ganti olay… bagus ga ya. ?

  70. Junita

    aq tuh uda lama make PONSD dari kelas 1 SMA ampe berumur 22 thun, memang sih wajah q biasa2 aza tapi knapa ya sampe skrg aq tetap percaya sama PONSD???
    klo pake produk yang lain ga cocok, pake bedak nya pasti ga rata
    klo pake PONSD sih bedak nya rata tapi reaksi nya lama…

  71. nyari2 OLAY NIGHT Cream byk yg ga jual napa ya? akhirnya krn kehabisan coba Ponds yg ad butiran emasnya sbenernya ragu2 sih gmn hasilnya… soalnya cocoknya mulai umur 20th dah pake produk OLAY smp skrg dah umur 30th lbh ga ad mslh, kulit tetap kenyal, bersih dan bagus meski ada flek2 dikit, krn ada gen turunan ga terlalu masalah. Trus stlah pake night cream nya Ponds Radiance sekali pake kok wajah jadi keset banget..dan langsung putih gitu..jadi takut efeknya. ditambah abis baca share kalian..bikin tmbh yakin kalo lbh alami dan aman OLAY. yah terpaksa hrs direlakan duit 125rb nya..ilang deh…

  72. aq dlu juga pernah coba pond memang jerawatan.kemudian pindah ke sariayu selama 5 tahun tapi hasilnya nihil aq pingin ganti tapi trouma takut jerawan lagi.sepertinya olay sangat menarik boleh dicoba…

  73. emmm q cwo 15th dgn kulit wjah putinh langsat truz q nyoba pakek POND’S yg plmbab EGH wjah q mlah jd JERWATAN trus MInyakan gtHU HUHU :( NYESEL DAH
    hbs thu q pindah KE OLAY hemmm jrwat q ilang semua tp sekarang mlah jd gk putih langsat Tp putih agk PUcat huhuhu
    Produk2 emk bkin WAJAH gk karuan Q blangin nih

    # MENDING KALIAND SYUKURIN APA YG UDAH DI KSH TUHAN KE KM hhaah ustdz bgt q

  74. dari SMP aku pakai ponds white beauty, waktu kuliah aku pakai ponds flawless, cepet bikin puih sih tp jadi sering bruntusan. Kurang lebih 2 tahun ini aku ganti pakai olay totel effect. hasilnya ga instant, aku sempet brenti karena kayaknya ga da hasil. tp aku pakai lg. setelah pakai beberapa bulan secara rutin, baru deh kliatan hasilnya. muka jd lebih cerah, lembut dan lebih kenyal. kata orang2 mukaku jd keliatan bening. love olay so much..

  75. waktu umur 19 tahun, saya pake pelembab nivea. tp karena habis dan saya males beli ke warung, jd saya minjem olay total effect punya mama. effect nya emang bagus banget, kulit jadi mulus, dan saya jd rutin makenya sampe akhirnya ketahuan sama mama dan disuruh berhenti krn olay itu untuk anti-aging bukan untuk remaja. setelah itu pake ponds white beauty, tp yg saya rasa, muka saya kaya topeng. putih instan, tapi begitu di basuh air langsung balik seperti semula.

  76. Gw prnh nyoba dua2nya.
    Yg plg lm make tahunan itu ponds. Pori2 gw gk ada perubahan. Putih sih putih tp klo kepanasan jd putih xuram gak cerah gitu. Beruntusan iya, muka kelihatan gak kenyal.

    Olay – minyak di wajahku tambah banyak n jerawat gede2, gak tau jg sih apa bawaan org hml krn hormon gak stabil. Hehehe…
    Gw blk lg ke ponds setelah lahiran, mo ganti yg lain blm berani. Krn bs bkn putih mau gak mau bw trs make ponds.

    Dan akhirnya gw nemuin yg pas buat muka gw yg tergolong sensitif. Kutinggalkan ponds

  77. paduan olay sama garnier.. garnier scrub wash lemon buat cuci muka, olay total effects (7 effects) ituu buat krim sehari2,,trs pas malem mau tidur pake garnier yg overnight.. ga ad sebulan muka udh kinclong..
    klo pake ponds sih aku kurang cocok,, dulu tertarik iklan..tp pas dipake gaad perubahan, malah jerawatan :)

  78. Kalo pelembab aku pake olay natural white,
    sabun & pembersihnya aku pake pond’s..
    sebelum pake olay tadinya aku pake ponds, cm pas kehabisan pelembab aku iseng beli olay, ternyata cocok, emang sih agak berminya pake olay tapi hasilnya oke kok..

    Walaupun pemakaiannya dipaduin sama pond’s, ga masalah tuh.. Tapi tergantung jg mungkin sama kulitnya..

    Kedua-duanya, antara olay & pond’s hasilnya sama-sama bagus, memuaskan..
    Cuma cocok-cocokan aja..

  79. menurut pengalamanku….sejak pertama kali mengalami menstruasi kulit wajahku selalu muncul jerawat…biasa lah hormon wanita….ku binging hrs pake apa buat ngilangin jerawatnya…trus ada iklan pond’s yg waktu itu gencar bgt (hehe..pe skr kayaknya) jadi aku coba deh produk pond’s whitw beauty, waktu itu kemasannya masih jadul…hasilnya kliatan bgt, baru pake 2 minggu wajah keliatan putih berseri, n jerawat yg tadinya muncul jadi gak jadi muncul (istilahnya ngempesin jerawat gitu)..trus akhirnya q sempat brenti pake pond’s gara2 kesibukan sekolah, akibatnya kulit wajahku kering n tampak kusam, trus aku jd berinspirasi pindah ke olay total effect, n seperti biasa waktu itu iklannya gencar bgt….eh..tp sungguh tak terduga wajahku semakin kusam n tampak merah…aku khawatir waktu itu jg terdengar kabar “olay dipalsukan”…wah, apa aku pake produk olay palsu ya????, akhirnya aku beralih lagi ke pond’s n hasilnya sama seperti yg dulu tetap meyakinkan…karena skr usiaku uda 24 th aku ganti pond’s flawless (day n night cream, facial foamnya jg)….wah..kulit wajahku tampak muda, putih, n kencang….gak nyesel deh pake pond’s….tp memang smua tergantung jenis kulit…smua produk sama, asal kita hati2 memilih produk sesuai dg kulit kita…saya rasa kulit kita akan baik2 saja…… ;-)

  80. Hmm stlh baca postingan di atas, q jd pgn share…dl waktu q sekolah q pake olay white radiance slma 2 thunan lah..kulitku jd putih bersih n mulus gt..trs tahun 2009 klo gag salah, waktu heboh2 byk produk olay yg ditarik itu gr2 katanya gag aman, q jd takut n gag pake olay lg..trz q pake nivea, bikin putih sih tp jerawat di jidat ampuuuuun daahh byk gilaa…tp q tetep pake nivea..mpe q kuliah, q tertarik iklanna ponds flawless white..q trus pake itu..efekna di guee, kulitku jd kering, bruntusan pula..bedakan jd numbuk2 gag rata..klo pagi mank putih, tapi makin siang makin kusem, item, jd malez liat muka sendiri..n ktmu temen gue wktu sklh dulu katana gue skrg item bggggggtttttt…ya ampun q jd strez gt…trz q nyoba loreal yg hrgana mahal bgt ituu, tp gag ngefek, muka tetep kuseeeeeemmm…mau nyoba tje fuk tp takut jd kyk temen gue mukana putih tp kyk mayat, hihihi maaf lho yaa gag maksud njatuhin slh satu merk…akhirnya aku browsing2 utk mengetahui apakah OLAY yg dl q pake itu ada bahan berbahayanya…stlh browsing n nemu katana yg ditarik n bahaya itu adalh produk palsu…okelah capcuzzz q beli olay lg…ini q pake seminggu…tarrrrraaaaaa kulitku jd putih mulus kyk dulu… :)

  81. Thanks komennya, jangan lupa follow twitter saya di @m_isya85
    kita bisa diskusi & bagi informasi, keep in touch \(^_^)/

  82. Thanks komennya ya friend, jangan lupa follow twitter saya di @m_isya85
    kita bisa diskusi & bagi informasi \(^_^)/

  83. Thanks komennya, for Adys jangan lupa follow twitter saya di @m_isya85
    kita bisa diskusi & bagi informasi \(^_^)/

  84. Thanks komennya Farcha, jangan lupa follow twitter saya di @m_isya85
    kita bisa diskusi & bagi informasi \(^_^)/

  85. Desya , thanks komennya, jangan lupa follow twitter saya di @m_isya85
    kita bisa diskusi & bagi informasi \(^_^)/

  86. Thanks komennya Dhessy, jangan lupa follow twitter saya di @m_isya85
    kita bisa diskusi & bagi informasi \(^_^)/

  87. Thanks komennya Ririna, jangan lupa follow twitter saya di @m_isya85
    kita bisa diskusi & bagi informasi \(^_^)/

  88. Thanks komennya Taufik, jangan lupa follow twitter saya di @m_isya85
    kita bisa diskusi & bagi informasi \(^_^)/

  89. Veraaa..thanks komennya, jangan lupa follow twitter saya di @m_isya85
    kita bisa diskusi & bagi informasi \(^_^)/

  90. Thanks komennya Nuriko, jangan lupa follow twitter saya di @m_isya85
    kita bisa diskusi & bagi informasi \(^_^)/

  91. gw sih santai santai aja sih, klo ponds mungkin untuk kulit pemutihan kali ya langsung putih cring gitu, kan gw dulu pake, tapi klo olay langsung kerutannya ilang kan sekarang gw pake, gw tuh pake olay karna ada garis garis halusnya di muka gw, duh gw ribet deh , sama jgn lupa minum teh untuk melawan radikal bebas, gw tuh ribet sejak kuliah, waktu masih sklh gakda kerutannya eh pas dah umur 20 lebih muncul kerutan halus, sebel sebel gw, gw tuh pengennya awet muda tau, makannya gw paling rempong nih soal muka gw, yg pake teh lah minum teh tiap hari, pake veril bwt jerawat gw pk masker inilah huh rempong deh pokoknya, umur bertambah muka juga jadi berubah sebel gw.

  92. assalammu’alaikum
    waaaah jd bingung mau pake apa,saya pake ponds pelembab dan trnyata yg tdnya mulus kagak ada jerawat jd jerawatan eh masa,kk nyuruh saya pake citra pelembab,tp saya ko ragu ya,lalu baca komen dimari bnykkan yg pake olay,jd yg mana ini yg benel yg hrs saya pakai?ttp brtahan pd ponds ganti.kecitra apa olay?jd bingung begindang –’

    yg punya blog polbek ye @adenurail
    syukronkatsir ya akhi ya ukhti ya ashabii *celing :-D

  93. low aq ,,emag ponds dr 10 tahun yg lalu, muka bersin n bebas jerawat, tp itu kembali kepada pemilik wajah masing2,, cocok gk cocok, yg penting di cocok2in,,

  94. aq lbh cocok OLAY WHITE RADIANCE yg artisxa nirina zubir tuh… pernah pake ponds 7 thn lalu, n hasilxa : kulit q keriput putih pucat tk sehat. lgsg beralih k Olay, 4 thn aq pake gk ada masalah. tp kembali lg ke individuxa, tekstur kulit jg mmpengaruhi kan…
    buat adminxa : nice posting gan!!!

  95. qhu dr SMP mpe skrang b.umur 17 thn baex” ja pke p0nds,,n t.bxti. wjah q crah spnjanx hri.. n ptih wjah q. jd ponds is the best lah

  96. Aku sih dari remaja udah kenal Olay dan emang cocoknya pakai Olay tuh, bahkan sempat diisukan bahwa Olay itu mengandung minyak babi dsb. yah…sadis juga tuh persaingan bisnisnya…

  97. bwt aqu pond;s wb natural ato pond;s wb pinkish wht juara lah.
    inti nya biar ga jrawatan atw kulit kusam atw b’minyak atwpn kulit kering, kunci nya yaitu pembersihan wajah dan pemakaian pelembab dalam satu rangkaian.
    tanpa ad malas, cz itu resiko u/ hasil wjah cerah cantik merona ;)

  98. tahapan nya aquw bagi2 kunci nya yah biar pada tau and rasain hasil nya sendiri
    1,untuk yg sering b’make up harus pk susu pmbrsih atw cleansing milk u/ ngangkat sisa make up dan kotoran di permukaan kulit.
    2. bersihkan pk facial foam sesuai jenis kulit, b’ minyak, jerawat, kering dari pond’s ada loh komplit :)
    3. kemudian toner/ tonic untuk menutup pori2 dan menyegarkan kulit
    4. pelembab sesuai jenis kulit, dari pond’s ad u/ anti ageing atw penuaan, b’jerawat, kering, b’minyak, bkas jrawat, komplit deh…
    5.buat cwe, msti pk bedak yg ad foundation nya biar nempel lbh lama, merek ap ajj boleh ko klo cocok, dari pond’s jg ad ga kalah bagus.
    pond’s bisa bwt cwe atw pun cwo.

    nah klo olay vs pond’s dua2 nya product ni bagus, klo olay mau cream atw lotion tekstur cream nya sasma ajj ga ad bedanya.
    klo pond’s dy tektur nya bner2 ad yg cream tkstur nya lembut, lotiont formulanya dy sdikit cair atw lbh ringan
    bgtu say.

    pemekaian pelembab & pembaersih itu harus rutin,, jngn males klo pngen hasil nya bgus atw optimal.
    ini ko malah nyalahin produk.
    dasar…
    nah skarang cobain yh tip’s aq, jangan terpengaruh hasutan atw ajakan.
    tp buktiin sendiri n’ jangan ngarang crita yg lebayyyyy ;d
    thank’s

  99. olay vs pond’s??
    gwe dari kcil pake hazlin citra,, tp stelah kluar n’ booming produk olay. kya ny pngen nyoba jga sey coba’n produk nya kya nya bgus,, tp stelah gwe pndah dari hzln citra ke olay. muka gwe slain jd kering, jerawata pula. bukan nya klo jerawat itu identik nya sama kulit berminyak?
    sangkan kulit gwe kn kering.
    stelah kluar produk pond’s yg baru yg terbuat dari daun camelia itu, gwe ganti plembab nya lg tuh ke pond’s, awal nya sih gwe ragu.
    tp setelah gwe coba deh satu pakeeet mulai dari sabun muka, krim siang malem.
    taraaaaaaaaaa jauh2 jerawat dan kulit kering..

  100. aduuuhhh bca postingan diatas ko’ jd gundah ni..dr SMA q pke Pond’s sih tp yg buat umur belasan tahun pond’s white beauty tu n gk da mslah ma wjahku tp ttp gk putih” juga,.bis gt kuliah nyoba yg Flawess white(day+night cream) eh hasilnya ko’ gk sesuai harapan y,,termakan iklan kyke, wjah cerah pas abis make ja klo uda lma jd kusem trs skrg jd tmbul jerawat n bekase hitem” gtu trs komedoan bnyk..aduhhh nyesel bgt,.gmn dg olay y?coale q blm prnh nyoba produk ni..jd bingung neh @_@

  101. berbagi pengalaman..umur sy skrg 33thn dulu semasa skolah sma aq pake ponds emang sih sangat memutihkan tapi gampang jerawatan bagi yg punya kulit berminyak seperti saya,akhirx aq pake produk pemutih yang dijual di pasaran emangsih dlm sminggu muka uda glowing,cuma klw gk pake muka kembali kusam n trnyata aq nntn di tv produk tersbt sangat berbahaya karna mngandung merkuri.dan efec putihx ke muka puth pucat.akhirx aq hentikan memekai prodk2 yg gk jlas kayak gitu.muka gua berminyak kusam dan agak gelap dari kulit tubuh.ketika aq membaca ponsd vs olay 2 minggu lalu aq brpikr knp gk nyoba olay.udah seminggu ini aq pake olay eh ternyata sangat menabjbkn kulit wajahq jadi lebih halus,cerah,noda jerwt menipis,flek menipis pokokx kembali seperti remaja deh(mf klw agk lebay)tapi aq jujur nih olay is the best..terima kasih olay kw tlh mengembalikan kecantikan kulit wajahq.buat yg punya kulit berjerawt n berminyak pakailh olay aqudahmerasakanx padahal baru seminggu lebih aq pake.mf ponds…

  102. berbagi pengalaman..umur sy skrg 33thn dulu semasa skolah sma aq pake ponds emang sih sangat memutihkan tapi gampang jerawatan bagi yg punya kulit berminyak seperti saya,akhirx aq pake produk pemutih yang dijual di pasaran emangsih dlm sminggu muka uda glowing,cuma klw gk pake muka kembali kusam n trnyata aq nntn di tv produk tersbt sangat berbahaya karna mngandung merkuri.dan efec putihx ke muka puth pucat.akhirx aq hentikan memekai prodk2 yg gk jlas kayak gitu.muka gua berminyak kusam dan agak gelap dari kulit tubuh.ketika aq membaca ponsd vs olay 2 minggu lalu aq brpikr knp gk nyoba olay(olay total effect).udah seminggu ini aq pake olay eh ternyata sangat menabjbkn kulit wajahq jadi lebih halus,cerah,noda jerwt menipis,flek menipis pokokx kembali seperti remaja deh(mf klw agk lebay)tapi aq jujur nih olay is the best..terima kasih olay kw tlh mengembalikan kecantikan kulit wajahq.buat yg punya kulit berjerawt n berminyak pakailh olay aqudahmerasakanx padahal baru seminggu lebih aq pake.mf ponds…

  103. Aku dah dari kelas 1 SMP pake pond’s..cocok banget…… kulit putih, halus, mulus, kenyal…. namun seiring dengan berjalannya waktu sekarang aku sudah 25 tahun…. sudah mulai kurang mempan dikulitku,,,, mungkin faktor usia yang menyebabkan perubahan tekstur dan kebutuhan kulitku… sekarang aku beranjak menggunakan olay total effect.. Alhamdulilah…. kulitku kembali seperti kulit SMP ku…. hehehe….

  104. aku baru aja coba pake OLAY yg total effect.. pernah pake PONDS waktu SMP sih bagus2 aja, tapi lama2 jadi jerawatan :( semoga sekarang pake OLAY bisa cocok :D aku umur 24.. tapi buat cuci muka pake apa ya??

  105. jerawatan nih, mana banyak noda hitamnya lagi :( , padahal udah lama pake ponds dan ga pernah ganti ke produk lain, tapi 1thn terakhir wajahku jadi jerawatan+banyak noda hitam bekas jerawatnya :’(
    pengen pake olay kira2 white radiance atau natural white yg cocok buat aku, umurku 18tahun. Please bls :(

  106. ponds mutihin kulit.aq pake dri sma.tp abis lahiran,kulit jd kusem meski msh pake ponds.aq ganti olay yg regenerist,blm semgu,suami uda muji2 aq katanya kulit aq kmbali putih malah lbh cerah,kenyal,dan kencang. ;) love olay deh

  107. aq pake ponds dari smp.mutihin kulit.abis lahiran,kulit aq kusem bgt.msh pake ponds tp uda ga efek.aq coba olay regenerist.blm smgu,,suami aq muji2 aq katanya aq kmbli cerah malah skrg kulit aq lbh bercahaya,kencang,kenyal.olay oke deh..!!

  108. Kaks, nanya donk. Setau aku org kalo pake ponds itu gk mandang umur (remaja,dewasa dll) nah kalo OLAY itu min. dari umur brp ?
    tolong di reply yaahh. penting nih ! makasih ^^

  109. pons atau olay.. ..yang penting buat saya adalah manfaat dan kecocokan si pemakai.sya berharap…produk2 lama tetap ada supaya sya tidak ganti2 macam.. …dan meskipun harganya mahall.. ..saYA berharap itu benar2 murni obat2n herball.. ..bukan yg bnyak mercurynya/berbahaya.

  110. allooo ikutan sharing yaaaa…dulu aku dah coba bermacam2 merk kosmetik sampe yg branded jg aku cobain satu2 (rela ngerogoh kocek dalem2) demi dapetin kulit cerah, halus, lembut and awet muda tp ga ada hsl…pori2 ttp aja gede, wajah ttp aja kusam. Pertama nyobain olay gara2 trtarik sm iklannya (ga peduli bintang iklannya scr klo artis sih pst perawatan salonnya rutin sm aje boong). Aku cobain dan trnyata….cm dlm wkt 2 minggu trjadi perubahan drastis di wajahku dan setelah bbrp bln rutin pake olay sekarang org g percaya sm umurku yg sebenarnya 30th mrk bilang br 20 an malah ada yg bilang msh sklh wkwkwkwk oya aku g pernah pake make up kecuali pesta jd natural aja gt scr kulitku da bening ky kristal kt tmn2 aku dan hebatnya setelah pake olay aku ga pernah jerawatan lagi…makanya aku cinta banget sm olay regenerist ini :)

  111. muka aku sensitv, kombinasi-berminyak, dan gampng banget berjerawat. waktu SMP aku pake ponds. tapi kulit aku kok jadi nggak karuan. semula agak cerah jadi kusam, kering, dan jerawat banyak. sampe waktu aku kelas 2 SMA beralih ke OLAY white radiance. meskipun emang agak berminyak, tapi teksturnya yang lotion bikin kulitku nggak begitu berminyak kayak pake ponds dlu. dan temen2ku pun sampe kagum soalnya mukaku keliatan lebih putih dan kenyal, jerawat pun ilang. Namun gara2 olay white radiance yang ukuran 20ml, harga 20rb kalo ga slh, jarang d pasaran lagi gara2 d ganti yang edisi premium, aku kepengaruh pake garnier wktu kul semester 2. dan mukaku jadi gak karuan.jerawat dmana2, kusam, sampe aku pernah nggak masuk kul gara2 malu sama mukaku. dan akhrnya ada dokter kulit sebagai penyelamatku. namun krn berat di ongkos, saya memutuskan pakai olay lagi. kangen muka kenyal n cerah kayak dulu. saran aku sih kalau kalian mau ganti produk kosmetik jangan langsung ganti. tapi “puasa” kosmetik dulu untuk menetralkan kulit. ini pengalaman pribadi saya dan bukan bermaksud menjatuhkan siapapun.

  112. dr dl aq gonta ganti pake produk kosmetik,,trakhr kmren wajahku gak karuan akibat produk pemutih yg dtawarkan tmnku,,(walet2in1).kulit wajah jd mngelupas,,hah,,perih bgt rasanya..
    trus aq stop penggunaan krim itu,,
    skarang aq bingung mau pake krim ap,,olay age protect atau ponds age miracle, ,,2 krim itu aq punya tp masi belum trlihat hasilnya yg bagus yg mana, sabar-sabar aj skarang nentuin pilihan

  113. dari umur 13tahun ampe sekarang umur 25tahun,, aq setia sama pond’s,,
    hasilnya bener-bener memuaskan :)
    aq ga pernah ganti-ganti selain pond’s makanya ga pernah ada masalah,,untung tetap setia..
    jd ga bisa kasih pendapat tentang olay atau produk lain,, cm kata adik aku yg pernah pakai olay, dia ga suka, soalnya ga terbukti apa yg dikatakan iklannya..

  114. Olay sih yang bagus. mungkin kulitku gak cocok pake ponds soalnya kalo pake ponds kayak pake topeng, jadi kering dan ketarik juga, gak enak –____–

  115. sejak pake OLAY mukaku jadi bersih , gak ada lagi bekas jerawat dan gak pernah tumbuh lagi jerawat tuh ^_^
    sempet juga pake pond’s tapi malah jadi jerawatan , kering , jadinya bnyak bekas jerawatnya
    trus balik lagi pake OLAY dan ternyata hasilnya memuaskan , mukaku jadi bersih lagi dan noda bekas jerawatnya hilang dan tentunya ga pernah jerawatan lagi
    OLAY is THE BEST (y)

  116. Temanku yang pharmacist bilang, Pond’s tuh nggak bagus secara mengandung apaan gitu (sori awam euy jadi ngak ingat nama zatnya) yang efeknya emang bagus di kulit pada mulanya: bikin muka lebih cerah.TAPI itu nggak lama. Karena zat yang bikin kulit cerah itu efeknya numpuk di dalam kulit dan kalau konsentrasinya dah banyak, bakal bikin efek yang jelek ke kulit. Nggak cuma kulit jadi kusam, kering, berkerawat, pokoknya bermasalah gitu, tapi kalau diterusin bisa bikin kanker kulit! Nah kalau perbandingannya ama Olay, kata tanteku yang dokter, Olay jelas JAUH lebih bagus. Malah tanteku itu make Olay juga dan kulitnya emang bagus banget meskipun dah hampir setengah abad umurnya. kalau aku se dah lama banget pakai Biokos Age Repair dan cocok banget ma kulitku yang kering banget. Jadinya aku make Biokos terus nggak mau pindah-pindah lagi Halah, jadi ngomongin brand lain hehehe…. Maaf ya, sharing pengalaman aja.

  117. jujur ini pengalaman ku.. ponds itu memang benar2 bikin timbul jerawat ama komedo knapa ya..muka bersih si bersi tapi jerawat nya itu yang berentes muncul mlulu….tapi setelah pake olay mantapp

  118. aku mau share pengalaman ni.dulunya smp kelas 2 ak pake p0nds cm bentar trus g co2k mlah jerawatan trus ak pake olay,yg iklan nya audy sm nindy,ak co2k t pake yg it,trus wkt SMA ak dajak kakakq k dokter khusus wajah dan keterusan sampek kuliah,menginjak smester 3 wjahq jadi sering gatal kalo kena rambud,trus merah,muncul bintik2 ky kringet buntet bayi gt d janggut,trus ak periksain d dokter RSU ktanya ak alergi sm cream dokter q.trus brenti pake it,dan dkasi obt penetral am dokter RSU it,3bulan wjahq uda sembuh,nah th 2011 it t wktu2 ak cri cream yg co2k bt wjahq,dr garnier yg kuning wjahq mlah jerawatan,parasol g ad perubhan,garnier pure aktiv wjahq kering bgt,trus g sengaja ak ktemu m blog in dan stlah bc blog in ak bru inget dlunya ak pake olay,knpa g pake olay lg.lgsg deh ak beli olay natural white 1paket lgsg krim siang am mlm,ak coba 1mgu wjahq lembab bgt,g kering ky wkt pake garnier,dan uda 1bln in ak pake wjahq jd lembab,alus,n bekas jerawat memudar,sumpah ak bnr2 love olay deh pokoknya.thanx olay.dam thanx jg yg uda buat n c0ment2 d blog in.

  119. berbagi pengalaman aja yahhh..
    dulu waktu SMA pake Pond’s.. tujuannya buat menyamakan warna kulit,,soalnya aku kan pake kerudung,,jasi ada bagian yang ketutupan kerudung yang lebih cerah..
    pengalaman pake Pond’s ga efek sama skali,,mungkin karna dulu juga pulang pergi skolah jalan kaki.. yang ada wajah jadi merah trus kusam kayak kepiting rebus tiap kepanasan… tapi tiap berhenti pake langsung muncul jerawat segede alaihim gambreng,,jadi terus aja pake itu.. (soalnya yg kekejar ama uang pelajar :p)
    terus begitu kerja baru deh pake cream dari dokter.. seminggu wajah jadi cerah and warna kulit merata.. cuma kayaknya jadi ketergantungan,,soalnya tiap mau lepas produk jadi balik kusam dan item lagi :’(
    skarang masih memerangi ketergantungan cream dokter itu.. skarang coba Olay Total Effect SPF 15.. so far ga ada masalah… bagus menurut aku…
    emang ladang minyak jadi bertambah,,tapi lebih baik jadi tambang minyak tapi mulus daripada matte tapi gampang jerawatan… soalnya ditimpa ama two way cake ku hasilnya perfect banget,,jadi masalah minyak ga ada masalah..
    cuma baru pakenya belum ada seminggu,,jadi belum tau apakah bisa menolong dari ketergantungan apa engga… :(
    mudah2an aja bisa sangat membantu..skarang mau coba beli yang night cream nya…
    minta doanya yahhhhhh…
    v(^^)v

    *oh iyaaa..umur saya 24 tahun lhoooo…

  120. hellooo…stlh baca2 koment2 d ats..ada yg mirip sm aq..
    dh 2 thnan aq pke ponds oke2 aja, BUT stlh pindah ke daerah lain yg udaranya lbh panas n byk polusi,wajahku jd beruntusan n noda hitam,pdhl aq rutin cuci muka, ap krn kseringn cuci muka,atw ponds dh g cocok sm usiaku yg dh hmpr 21 thn, atau krn aq g co2k sm udara panas n byk polusi gni, atau gmn??? tetp pake ponds atau ganti atau ganti varian pods aja???aq pke ponds white beauty pink (sempt takut baca komen d atas klo ponds bikin kulit tipis,bhkn jd kanker kulit, bener g sih???masa perusahan segede unilever mluncurkn produk seberbahaya gitu… kyaN hrus pikir ribuan kali deh klo ga pingn perushan bankrut tuh unilever) @yulmisite.blogspot.com

  121. Sbnr nya sech ga da yg salah dlm sebuah kosmetik ( Pond’s ato Olay ), smua nya baguz, tpi terkadank kita yg salah dlm memilih, hny krn ikut2an tmn ato liat iklan, sdg kita sm tmn khan bs zha jeniz kulit nya beda, di tmn kita cocok, bs zha di kita ga cocok krn perbedaan kulit, so alangkah baex nya sblm kita mau pakai kosmetik, kita konsultasi dlu ke ahli dlm hal perawatan kulit wajah, jd kita bs tau mna yg cocok buat kita, gtu guyz, tpi klo sy sndri pake nya Pond’s sech krn kulit wajah sy cocok pake Pond’s n klo buat Pemasaran Pond’s lbh unggul dri Olay, tks .

  122. Pingback: Olay atau Ponds, mana yang bagus? (komentar konsumen) | Cantik & Segar

  123. berjerawat atau kulit berminyak bukan disebabkn oleh produk yg kita pke tpi trgntung kulit kita, yg aslinya berminyak kalau pke apa aja ttp aja berminyak cuma bisa mngurangi sedikit xl pke produk yg utk kulit berminyak, tpi xl yg jrwt xl mmg drisononya mmg udh jerawatanpke apapun ttp jerawatan,apa lagi itukn pngruh dri kebersihan kita, so menurut q pke ponds atau Olay sama aja trgntung cocok apa gknya kekulit kita,, xl sering gnti2 produk ya tnggung sendiri akibtnya

  124. gue jg pengen share pengalaman gue nih. gue pake pelembab ponds dr dulu smp th 2007 sampe awal kuliah semester 2. muka gue mulus bgt, putih jerawat relative stabil pas mau mens aja. cuci muka pake lifebuoy jawara. sampe gue nyoba krim mlm dr salon dikasih mn gue. pertama ngelupas gitu, trs lama” timbul jerawat segede” kacang polong (sedih kalo inget), lgsg gue stop tuh krim. trs setelah bebrapa lama ilang tuh jrawat gede”, tp jd gampang jrawatan muka gue. setelah itu gue pernah coba pelembab olay buat ngilangin bekas jerawat, berminyak gtu muka, mgkn krn ga sabar jg jd gue ganti garnier pelembab. nah ini paling ekstrim. pas pake garnier muka gue jd kya tipis gtu, pas di abs bekas jerawat ada bopeng gitu. huaaaaah!! trs gue balik lg ke ponds pelembab buat ngilangin bekasnya. ko gue perhatiin slama setaun ini jerawat nongol di tempat gue totolin ponds ya?? jd noda item yg gue totolin ponds malah numbuh jrawat. trs gue mnta cwo gue percobaan pke ponds slama bbrpa bln, alhasil, komedo nya byk gila trs di pipi sm jidat nya kya byk jendolan kecil yg kalo dipencet kluar putih” kya ponds yg ngendep. abis baca testimoni diatas, gue pengen coba olay lg. dan lebih sabar pastinya. doain muka gue mulus lg ya….. :)

  125. owh iya lupa, yg lg gue alamin skrg, muka gue kya ada kcil” bgt mata ikan yg isi nya nanah sm aer gtu. trs kalo di pencet kya meradang gtu merah skelilingnya. gue baca” itu ternyata krn komedo yg udah lama ngendep di dlm pori” dan jd jerawat jenis kaya gini. uwh jd nyesel balik pake ponds pelembab staun ini. minta share dong apa produk olay jenis apa yg bisa mengurangi jerawat seperti ini?

  126. belum pernah nyoba kedua merk tersebut, soalnya belum ada lini produk cowok (kayaknya ). tapi emg sampe skg kedua produk itu yg paling jor2an kalo ngiklan di tv, untung yg jadi modelnya ga bikin bosan dilihat. hahaha

  127. gw co umur 28 th, sudah pake olay total effect sejak umur 25 tahun, memang hasilnya gak isntant, tp sampe sekarang masih kerasa buktinya kalo olay total effect lebih bagus, muka gw bersih, org disekitar gw slalu memuji kilit wajah gw, menurut mereka gw perawatan (gak ada waktu buat perawatan juga #malesNgantri) muka gw katanya bersig dan merona kemeranahan di pipinya, berkat olay total effect, dlu waktu sblm pake gw smepet ada noda2 hitam krn terpapar sinar matahari, tapi pelan tapi pasti noda itu hilang, memang gak instant, secara bertahap ilang, mostly org maunya isntant aja. skrg udah ada olay yg buat co, tp pas gw liat ingredientsnya tnyata mirip sm yg total effect, formula sih sama gw rasa, kbetulan gw kerja d perush kosmetik, jd tau kalo soal formula2

  128. SMA dulu aku pernah pake pond’s white beauty yg warna pink
    awalnya sih emang muka jadi kinclong.
    terus aku berenti karena sibuk jadi males ngerawat muka ( gak pake produk apapun) namun kelamaan semakin kusam (mungkin karna gak pake) dan aku sekarang coba lagi pake pond’s flawless white tp gak sampe seminggu timbul banyak jerawat (mungkin karna berbeda dg pond’s yg jaman dulu) Huuuft nyesel bgt belinya. so, aku stop aja deh.
    kalo Olay aku belum pernah coba so belum bisa berbagi pengalaman tenteng olay.
    Sebaiknya sebelum memilih produk lakukan tes kulit dulu jadi bisa tau produk mana yang tepat.

  129. aku pernah pakai produk dokter, cm perawatan dan produk dokter itu bkin kanker (kantong kering), hahahaha, trus aku beralih pake sabun cuci muka ponds yg ijo, cocok” aja si, trus aku nyobain pake night creamnya ponds, alhasil kulit gw bruntusan ga jelas, kelupas” kulitnya kyk kebakarrrr, langsung gw buang itu :’( mau cobain olay ah kalo liat dr comment”nya kyknya pd cocok pk olay ya? :p

  130. ªa̲̅kц paling suka gonta ganti produk…
    Awalnya pke ponds, kulitku gk masalah. Tpi krna ªa̲̅kц tergoda dgn iklan2 yg Ɑ̈ϑɑ ªa̲̅kц pindah deh ke olay saar ɪ̣̝̇†ů kulit wajah ku gpp, masih sama kyk pke ponds, trus Ɑ̈ϑɑ iklan Lªğ[̲̅̅I̲̅] di majalah ªa̲̅kц pindah Lªğ[̲̅̅I̲̅] ke oriflame wah wah hasilnya makin bgus… ªa̲̅kц tergoda lgi ama tmn2 ku yg pke perawatan dokter akhirnya ngikut deh… Ða̶̲̥̅̊ή wow magic hasilnya sempurna tp krna harus menghabiskan uang 2jta di dokter slama 1bulan dgn full paket ªa̲̅kц cuma brtahan 4bulan Ά̲̣̥jjά̲̣̥ stlh ɪ̣̝̇†ů berenti… ªa̲̅kц pindah lgi ke garnier ehh malah jerawatan, pindah Lªğ[̲̅̅I̲̅] ke Olay, makin jerawar Ða̶̲̥̅̊ή krg pke pond kuliit wajah ku kembali normall, gk bejerawat Ða̶̲̥̅̊ή gk bintik hitam… Krg ªa̲̅kц gk pindah Lªğ[̲̅̅I̲̅]. Ponds ɪ̣̝̇†ů. The best dehh

  131. q bru pkai nie olay…sejak kerja muka q muncul bintik2 merah….lumyn bnyk….q da 2 kli ke dokter kulit hbsn bnyk uang…..pusing ngatasix..apa olay bisa…tolong infox

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s